Rabu, 24/04/2024 21:11 WIB

Belgia Laporkan 3 Kasus Cacar Monyet Diduga terkait dengan Festival Fetish

Belgia laporkan 3 kasus cacar monyet diduga terkait dengan Festival Fetish

Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota yang terletak di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1997. Brian W.J. Mahy/CDC/Handout via REUTERS

JAKARTA, Jurnas.com - Tiga kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di Belgia. Kasus tersebut dikaitkan dengan festival fetish berskala besar di kota pelabuhan Antwerpen, kata penyelenggara Jumat (20/5).

Beberapa negara Eropa telah melaporkan kasus dalam beberapa hari terakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang menyelidiki apakah beberapa wabah menyebar dalam komunitas gay.

Di Belgia, Festival Darklands memperingatkan pengunjung yang menghadiri pesta selama empat hari mulai 5 Mei bahwa pihak berwenang Belgia telah mengaitkan tiga kasus dengan acara tersebut.

Sejauh ini, Belgia baru secara terbuka mengonfirmasi tiga kasus. "Ada alasan untuk berasumsi bahwa virus dibawa oleh pengunjung dari luar negeri ke festival setelah kasus baru-baru ini di negara lain," kata festival di situsnya.

"Kelompok Penilaian Risiko dari pemerintah federal telah meminta Darklands untuk memberi tahu para tamunya tentang infeksi ini," tambahnya.

Darklands adalah acara bertiket yang menggambarkan dirinya sebagai kolaborasi klub dan organisasi yang mempekerjakan 150 sukarelawan dan menyelenggarakan acara komersial siang hari bersama pesta malam.

"Berbagai suku dalam komunitas fetish gay (kulit, karet, tentara, skinhead, anak anjing) berkumpul untuk menciptakan tontonan unik persaudaraan fetish," kata situs tersebut.

Cacar monyet biasanya tidak berakibat fatal tetapi sering memanifestasikan dirinya melalui demam, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, kelelahan dan ruam seperti cacar air di tangan dan wajah.

Virus dapat ditularkan melalui kontak dengan lesi kulit atau tetesan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.
 
Sumber: AFP
 
KEYWORD :

Cacar Monyet Belgia Festival Fetish




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :