Sabtu, 18/05/2024 01:06 WIB

Rusia Beri Waktu Pasukan Ukraina di Mariupol Letakkan Senjata

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah membersihkan daerah perkotaan Mariupol dan hanya kontingen kecil pejuang Ukraina yang tersisa di dalam pabrik baja di kota itu pada Sabtu.

Seorang penduduk setempat berdiri di samping puing-puing pasar terbuka yang dihancurkan oleh serangan militer, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, di Sievierodonetsk, wilayah Luhansk, Ukraina 16 April 2022. REUTERS/Serhii Nuzhnenko

Moskow, Jurnas.com - Rusia mengatakan kepada pasukan Ukraina yang bertempur di pelabuhan selatan Mariupol untuk meletakkan senjata mereka mulai pukul 6 pagi waktu Moskow (0300 GMT) pada Minggu untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah membersihkan daerah perkotaan Mariupol dan hanya kontingen kecil pejuang Ukraina yang tersisa di dalam pabrik baja di kota itu pada Sabtu.

"Dengan mempertimbangkan situasi bencana yang telah berkembang di pabrik metalurgi Azovstal, serta dipandu oleh prinsip-prinsip yang murni manusiawi, Angkatan Bersenjata Rusia menawarkan para militan batalyon nasionalis dan tentara bayaran asing mulai pukul 06:00 (waktu Moskow) pada 17 April, 2022, untuk menghentikan permusuhan dan meletakkan senjata mereka," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan. 

"Semua yang meletakkan senjata dijamin bahwa hidup mereka akan terhindar," katanya, menambahkan bahwa para pembela dapat meninggalkan pabrik pada pukul 10 pagi tanpa senjata atau amunisi.

Tidak ada tanggapan langsung dari Kiev.

Klaim Moskow telah menguasai Mariupol, tempat pertempuran terberat dan bencana kemanusiaan terburuk, tidak dapat diverifikasi secara independen. Namun, jika Mariupol jatuh, itu akan menjadi hadiah terbesar Rusia dari perang sejauh ini.

Mariupol adalah pelabuhan utama Donbas, wilayah dua provinsi di tenggara yang diminta Moskow untuk diserahkan sepenuhnya kepada separatis.

Ukraina mengatakan sejauh ini telah menahan kemajuan Rusia di tempat lain di wilayah Donbas di Donetsk dan Luhansk, di mana setidaknya satu orang tewas dalam penembakan semalam.

Ukraina menang di fase awal perang, sebagian dengan berhasil mengerahkan unit bergerak yang dipersenjatai dengan rudal anti-tank yang dipasok oleh Barat melawan konvoi lapis baja Rusia yang dibatasi di jalan-jalan di medan berlumpur.

Tetapi Presiden Rusia, Vladimir Putin tampaknya bertekad untuk merebut lebih banyak wilayah Donbas untuk mengklaim kemenangan dalam perang yang telah membuat Rusia tunduk pada sanksi Barat yang semakin menghukum dan dengan sedikit sekutu.

Putaran sanksi Uni Eropa yang akan datang terhadap Rusia akan menargetkan bank, termasuk Sberbank, serta minyak, kata kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen kepada surat kabar Jerman Bild am Sonntag.

Sumber: Reuters.

KEYWORD :

Mariupol Jatuh Dombas Invasi Rusia ke Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :