Jum'at, 17/05/2024 07:34 WIB

WHO Berencana Buka Pelatihan Produksi Vaksin mRNA

Korea Selatan, Serbia, Vietnam, Argentina dan menteri luar negeri Indonesia dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam briefing WHO di Tech Transfer Hub.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

JENEWA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana mendirikan pusat pelatihan kedua untuk melatih negara-negara untuk memproduksi vaksin mRNA.

Program bernama Tech Transfer Hub ini merupakan fasilitas pelatihan bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk membuat vaksin sendiri dengan lisensi resmi yang relevan.

Dalam pidato di konferensi vaksin, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus tidak menyebutkan negara-negara yang akan terlibat dalam perluasan proyek tersebut. Namun, ia mengatakan rincian lebih lanjut akan diumumkan kemudian.

Disadur dari Reuters, para menteri kesehatan dari Korea Selatan, Serbia, Vietnam, Argentina dan menteri luar negeri Indonesia dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam briefing WHO di Tech Transfer Hub pada Rabu (23/2).

Berita itu muncul setelah badan PBB itu mendirikan pusat transfer teknologi di Cape Town, Afrika Selatan, tahun lalu untuk memberikan pengetahuan kepada perusahaan-perusahaan dari negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah untuk memproduksi vaksin COVID-19 berdasarkan teknologi mRNA.

Afrigen Biologics di Cape Town telah menggunakan urutan vaksin Moderna yang tersedia untuk umum untuk memproduksi versinya sendiri dari suntikan COVID-19 perusahaan AS di laboratorium dan bekerja menuju produksi komersial.

Pekan lalu, enam negara Afrika - Mesir, Kenya, Nigeria, Senegal, Afrika Selatan, dan Tunisia - mendaftar sebagai yang pertama di benua itu yang menerima teknologi untuk memproduksi vaksin mRNA dalam skala dan sesuai dengan standar internasional.

Pada hari Rabu, Tedros mengatakan sejauh ini 20 negara telah menyatakan minatnya untuk mendapatkan pelatihan tentang pengembangan vaksin mRNA oleh hub Afrika Selatan.

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia Tech Transfer Hub Tedros Adhanom Ghebreyesus vaksin mRNA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :