Sabtu, 21/09/2024 07:58 WIB

AFF CUP 2016

Strategi Baru Riedl Hadapi Thailand

Pemain seperti Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah serta Boaz Solosa, yang kemungkinan besar akan dikawal ketat oleh pemain Thailand, bisa berperan untuk membuka ruang.

Sesi latihan timnas bersama Alfred Riedl.(foto:affsuzukicup)

Tangerang - Jelang final AFF Cup 2016 kontra Thailand di Stadion Pakansari Cibinong pada Rabu (14/12) mendatang, Alfred Riedl mencoba racikan baru untuk timnas Indonesia. Pada latihan timnas di Stadion SPH Karawaci Tangerang, Minggu (11/12), timnas mencoba menerapkan tiga bek di barisan pertahanan timnas. Tiga bek yang sudah teruji pada laga sebelumnya, Manahati Lestusen, Fachrudin Arianto dan Hansamu Yama Pratama akan mengawal Kurnia Meiga di belakang.

Sementara itu, di lapangan tengah ada Abdul Lestaluhu dan Beny Wahyudi, yang biasa main di belakang akan ditarik ke atas bersama Bayu Pradana dan Stefano LIlipaly. Keempat pemain tengah itu akan menopang Andik Vermansyah dan Rizky Pora yang dikenal memiliki kecepatan sprint yang lebih baik, yang akan mensuplai bola kepada Boaz Solosa seabgai target man.

Strategi 3-4-2-1 ala Riedl ini sebenarnya tidak terlalu beda jauh dengan formasi sebelumnya. Meski mencoba dengan tiga bek, saat diserang Beny Wahyudi yang berada di sisi kanan dan Abdul Lestaluhu yang berada di sisi kiri langsung turun dengan cepat untuk membantu pertahanan. Namun, saat menyerang kedua pemain ini tidak segan membantu penyerangan.

"Saat ini kami terus berusaha mencari pemain inti dan formasi yang tepat untuk menghadapi Thailand. Saya terus mencoba untuk mencari yang tepat. Yang dihadapi saat ini adalah pertandingan final. Jadi kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi kita menjadi tuan rumah. Kami akan memaksimalkan semua pemain yang ada," kata pelatih Alfred Riedl usai memimpin latihan.

Pelatih asal Austri itu juga memberikan sesi latihan khusus pada punggawa timnas untuk melakukan shot langsung dari luar kotak penalti. Porsi ini juga berlaku bagi pemain yang duduk di bangku cadangan, minimal latihan ini akan memberikan lebih banyak peluang kepada timnas.

Jika skema ini benar-benar akan diterapkan, tentu saja harus ada pemain yang memiliki pergerakan aktif untuk membuka ruang tembak dari luar kotak penalti. Pemain seperti Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah serta Boaz Solosa, yang kemungkinan besar akan dikawal ketat oleh pemain Thailand, bisa berperan untuk membuka ruang tersebut.[ant]

KEYWORD :

alfred riedl aff cup final thailand




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :