Sabtu, 18/05/2024 22:58 WIB

Penulis Sejarah Penindasan HAM di Korsel Tutup Usia

Penulis yang mengungkap penindasan yang berlangsung selama gerakan pro-demokrasi di Korea Selatan, Chi Myong Gwan, meninggal dunia pada usia 97 tahun pada Minggu (2/1).

Chi Myong Gwan memegang bunga (Foto: Kyodo News)

Seoul, Jurnas.com - Penulis yang mengungkap penindasan yang berlangsung selama gerakan pro-demokrasi di Korea Selatan, Chi Myong Gwan, meninggal dunia pada usia 97 tahun pada Minggu (2/1).

Dikutip dari Kyodo News, penulis majalah bulanan Jepang `Sekai` pada periode 1973-1988 silam itu wafat setelah mengalami stroke di sebuah rumah sakit dekat Seoul, Korea Selatan.

Chi mengejutkan dunia saat mengungkap penindasan di Korea Selatan di majalah Sekai dengan nama samaran `TK Sei`. Dengan informasi yang dibawa dari Korea Selatan oleh misionaris Kristen, dia membeberkan kepada dunia pelanggaran hak asasi manusia di bawah militer kediktatoran dan gerakan pro-demokrasi.

Setelah kembali ke Korea Selatan, Chi terlibat dalam pencabutan larangan impor budaya populer Jepang, di bawah pemerintahan Presiden Kim Dae Jung dari 1998 hingga 2003.

Chi lahir di Provinsi Pyongan Utara, Korea Utara pada 1924. Ia menjadi sarjana filsafat agama setelah menyelesaikan studinya di sekolah pascasarjana Universitas Nasional Seoul. Dia pindah ke Jepang pada 1972, dan pada 1986 menjadi profesor di Universitas Kristen Wanita Tokyo.

Sementara karya-karyanya di Sekai dengan judul `Komunikasi dari Korea Selatan` menarik perhatian pada keadaan gerakan pro-demokrasi di sana, ia tetap menjadi penulis anonim. Baru pada tahun 2003 dia mengaku sebagai T.K Sei.

Chi kembali ke Korea Selatan pada 1993. Di bawah pemerintahan Kim, ia menjabat sebagai ketua komite penasihat kebijakan yang mempertimbangkan pencabutan larangan budaya populer Jepang.

Dia menganjurkan deregulasi pada saat masih ada kegelisahan mengenai budaya Jepang di kalangan masyarakat Korea Selatan setelah 35 tahun pemerintahan kolonial Jepang di Semenanjung Korea hingga 1945.

Kembali ke Korea Selatan, Chi menjabat sebagai profesor di Universitas Hallym hingga 2004. Dia juga menjabat sebagai ketua penyiar publik KBS serta perwakilan Korea Selatan dalam proyek penelitian sejarah bersama dengan Jepang.

KEYWORD :

Chi Myong Gwan Korea Selatan Penindasan HAM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :