Minggu, 28/04/2024 17:45 WIB

Eks Petinggi Lippo Grup Jadi Buronan Interpol

KPK juga telah berkoordinasi dengan International Criminal Police Organization (ICPO) International Police (Interpol) dalam memburu Eddy Sindoro.

Eddy Sindoro, Mantan bos Lippo Group menjadi buronan KPK

Jakarta  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang  memburu mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro yang kini buron. Selain Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, lembaga antirasuah ini juga menggandeng lembaga penegak hukum berskala internasional dalam upaya tersebut.

Informasi yang dihimpun, KPK juga telah berkoordinasi dengan International Criminal Police Organization (ICPO) International Police (Interpol) dalam memburu Eddy Sindoro. Terkait itu, KPK disebut-sebut telah melayangkan Red Notice.

"Kita selalu kan bersama-sama. Jadi pertama dicari tahu ini orangnya di mana. Setelah tau orangnya di mana kita biasanya bersama-sama dan mungkin nggak hanya dengan Polri kan terkait dengan ini," ungkap Agus Rahardjo di kantornya, Jakarta, Selasa (6/12).

Agus mengatakan, dirinya belum menerima informasi terkini dari anak buahnya terkait keberadaan Eddy Sindoro. Sebelumnya, Agus mengakui, pencarian Eddy Sindoro sempat dibahas dengan Kapolri Jendral Tito Karnavian, saat bertandang ke kantor KPK pada Senin (6/12) kemarin.

"Banyak yang kita bahas didalam. Iya (salah satunya terkait DPO Eddy Sindoro)," ucap Agus usai bertemu Kapolri, di gedung KPK.

Ihwal Eddy Sindoro ditetapkan sebagai tersangka pada  sidang tuntutan terhadap Panitera Sekretaris PN Jakarta Pusat, Edy Nasution. Hal itu diungkapkan oleh Jaksa Penuntut Umum pada KPK Dzakiyul Fikri saat membeberkan materi surat tuntutan.

"Barang bukti berupa flashdisk disita untuk digunakan dalam perkara atas nama Eddy Sindoro," kata Dzakiyul dalam sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin 21 November 2016.

Dzakiyul yang dikonfirmasi usai sidang membenarkan soal status Eddy Sindoro yang sudah naik ke penyidikan. Dengan begitu, status Eddy Sindoro otomatis sudah resmi menjadi tersangka. Dalam sidang kasus dugaan suap terkait pengamanan perkara di‎ PN Jakpus, nama Eddy Sindoro sendiri telah berulang kali disebut-sebut terlibat. Sejumlah fakta menyebut Eddy merupakan "aktor" suap tersebut.

"Ya itu otomatis (status Eddy Sindoro tersangka), karena kan kalau perkara yang bersangkutan tentunya ada perkara lain untuk itu," ujar Dzakiyul.

KEYWORD :

Buronan KPK Eddy Sindoro (Foto: Publica)




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :