Rabu, 19/01/2022 05:53 WIB

Misterius! Ada Episode yang Hilang di The Simpsons Hong Kong

Sebuah episode The Simpsons yang mengacu pada pembantaian Lapangan Tiananmen, dilaporkan hilang dari layanan streaming Disney di Hong Kong.

Kartun The Simpsons (Foto: BBC)

Hong Kong, Jurnas.com - Sebuah episode The Simpsons yang mengacu pada pembantaian Lapangan Tiananmen, dilaporkan hilang dari layanan streaming Disney di Hong Kong.

Pelanggan memperhatikan bahwa episode 12 musim 16 hilang dari Disney +, yang diluncurkan di negara kota itu bulan ini.

Itu terjadi ketika pihak berwenang di Hong Kong menekan industri hiburan, melarang film yang melanggar undang-undang keamanan nasional yang ketat.

Dikutip dari BBC pada Selasa (30/11), Disney belum mengomentari episode yang hilang. Episode berjudul `Goo Goo Gai Pan` menampilkan keluarga kartun mengunjungi China.

Selama perjalanan ke Beijing, mereka mengunjungi Lapangan Tiananmen di mana sebuah tanda bertuliskan, "Di situs ini, pada tahun 1989, tidak ada yang terjadi", mengisyaratkan sebuah sensor telah dilakukan.

Padahal sebagaimana diketahui, pada 1989 silam demonstran menyerukan kebebasan politik yang lebih besar, dan tentara membunuh banyak warga sipil tak bersenjata.

Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak yang terbunuh. Pada Juni 1989, pemerintah China mengatakan 200 warga sipil dan beberapa lusin personel keamanan tewas. Perkiraan lain berkisar dari ratusan hingga ribuan.

Di bagian lain dari episode tersebut, The Simpsons juga mengunjungi tubuh mantan pemimpin Komunis Tiongkok Mao Zedong yang dibalsem, yang oleh Homer disebut sebagai "malaikat kecil yang membunuh 50 juta orang".

Mao memimpin China melalui Revolusi Kebudayaannya, dan kelaparan yang menghancurkan yang menewaskan jutaan orang.

Tidak jelas mengapa episode tersebut hilang dan siapa yang membuat keputusan untuk tidak memasukkannya ke layanan streaming.

Sejak diperkenalkannya undang-undang keamanan nasional tahun lalu, pihak berwenang telah menindak perbedaan pendapat di Hong Kong. Undang-undang tersebut, yang muncul setelah protes besar-besaran pro-demokrasi pada 2019, mengkriminalisasi pemisahan diri, subversi, terorisme, dan kolusi dengan pasukan asing.

Bulan lalu, legislatif Hong Kong meloloskan undang-undang baru yang melarang film yang melanggar kepentingan keamanan nasional China.

Penerbit buku di Hong Kong telah mengakui menyensor sendiri dan surat kabar pro-demokrasi terbesar, Apple Daily, ditutup awal tahun ini di tengah penyelidikan keamanan nasional.

Sementara itu, banyak tokoh oposisi sudah berada di penjara atau di pengasingan.

TAGS : The Simpsons Episode Hilang Pembantaian Lapangan Tiananmen




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :