Minggu, 28/04/2024 16:08 WIB

Asian Games 2018

Palembang Membuat Kawasan Hijau dan Bebas Sampah

Pemerintah daerah akan terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat membersihkan pinggiran sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan

Palembang - Menjadikan Kota Palembang, Sumatera Selatan berkesan bagi tamu dari berbagai negara yang ikut Asian Games 2018 nanti, pemerintah setempat melancarkan gerakan seribu pohon yang digelar beberapa hari lalu. Tak hanya itu, harus dijadikan kota yang bersih dari sampah.

Penghijauan dilakukan, kata Asisten III Bidang Kesra Ahmad Najib, merupakan program Pemerintah Sumatera Selagan yang punya peran strategis untuk Asian Games 2018 mendatang.

Menurutnya cuaca iklim berpengaruh terhadap kondisi alam di Sumsel terlebih saat ini sudah terjadi longsor, sungai meluap dan lain sebagainya.  "Apalagi ditanam di area perumahan. Ini untuk mencegah bencana kaitan dengan Asian Games, Palembang menjadi clean and green City. Clean artinya bersih dan Green artinya sejuk, dingin," kata Najib.

Najib melanjutkan, dalam kegiatan menanam pohon ini bukan hanya kegiatan menanam tapi pemeliharaan. Najib melanjutkan sudah banyak pohon yang sudah ditanam bahkan lebih dari jutaan. "Kita imbau masyarakat untuk jaga lingkungan karena akhir akhir ini jalan putus , longsor dan banjir," himbaunya.

Terkait dengan kebersihan dari sampah, Kepala Badan Lingkungan Hidup Sumatera Selatan Lukitariati sudah mengantisipasi agar tamu negara punya kesan di Kota Palembang dan kota-kota sekitarnya.

Pemerintah daerah akan terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena sampah akan merusak keindahan kota termasuk bau sehingga pada pesta olahraga akbar mendatang Kota Palembang harus benar - benar bersih dari sampah.

"Masyarakat diharapkan tidak membuang sampah sembarangan karena itu bisa mengakibatkan volume sampah bertambah di tempat tempat tidak layak. Apalagi sampah sudah menjadi perhatian serius dari berbagai kota besar termasuk Palembang sehingg itu harus dipkirkan bersama, ujar dia.

Yang jelas, kata Lukitariati, menjelang Asian Games mendatang Palembang harus bersih dari sampah. "Dan itu harus dipikirkan bersama bukan pemerintah saja," ujarnya.

KEYWORD :

Asian Games 2018




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :