Jum'at, 17/05/2024 09:15 WIB

Gawat! Lapisan Salju Terpanjang di Inggris Mencair

Sphinx menyusut hingga seukuran selembar kertas A4 dalam beberapa minggu terakhir, sebelum akhirnya menghilang dalam cuaca ringan.

Lapisan salju Sphinx mencair (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Lapisan salju terpanjang di Inggris menghilang untuk kedelapan kalinya dalam 300 tahun terakhir. Dijuluki Sphinx, lapisan salju di Cairngorms mencair lebih sering dalam 18 tahun ke belakang.

Pakar bidang salju, Iain Cameron, mengatakan perubahan iklim adalah faktornya. Menurut catatan, Sphinx sebelumnya meleleh sepenuhnya pada tahun 1933, 1959, 1996, 2003, 2006, 2017 dan 2018. Dan sebelum tahun 1933, diperkirakan terakhir meleleh sepenuhnya pada tahun 1700-an.

Dikutip dari BBC pada Rabu (3/11), Sphinx menyusut hingga seukuran selembar kertas A4 dalam beberapa minggu terakhir, sebelum akhirnya menghilang dalam cuaca ringan.

Cameron yang tinggal di Stirling telah mempelajari lapisan salju di Skotlandia selama 25 tahun. Dia merupakan penulis buku The Vanishing Ice, yang berisi gambaran salju dan es yang masih ada di perbukitan Skotlandia.

Dia bekerja bersama mendiang Dr Adam Watson, seorang ahli biologi yang dijuluki Mr Cairngorms karena bertahun-tahun mempelajari pegunungan.

Beberapa penelitian Watson tentang Sphinx mengambil informasi yang diturunkan oleh generasi orang yang bekerja dan mengunjungi Cairngorms, yang menunjukkan bahwa tambalan itu mungkin hanya meleleh beberapa kali dalam 300 tahun terakhir.

Dari tahun 1840-an, Klub Pendaki Gunung Skotlandia mulai mencatat nasib lapisan salju tersebut, dan baru-baru ini para ilmuwan dan ahli ekologi telah mengumpulkan informasi.

Cameron mengatakan kepada BBC bahwa secara historis Sphinx adalah lapisan salju "paling tahan lama" di Inggris. Tetapi dia berkata, "lapisan salju itu sedang ditantang karena lebih sering menghilang."

Cameron menyebut cuaca yang lebih hangat karena perubahan iklim "tampaknya menjadi penjelasan logis" untuk meningkatnya laju pencairan.

Dia menambahkan bahwa kondisi itu mempengaruhi daerah bersalju yang tinggi di pegunungan Skotlandia lainnya, termasuk di pegunungan Ben Nevis di Lochaber.

Aonach Beag, dekat Ben Nevis, juga memiliki sepetak salju yang sering bertahan dari satu musim dingin ke musim dingin lainnya.

Untuk diketahui, Sphinx terletak di Garbh Choire Mor, sebuah cekungan yang dikenal sebagai corrie yang dibentuk oleh es atau gletser selama zaman es terakhir, di Braeriach 1.296m (4.252 kaki), gunung tertinggi ketiga di Inggris.

Garbh Choire Mor digambarkan sebagai corrie paling bersalju di Skotlandia, karena banyaknya salju yang dapat ditampungnya bahkan selama bulan-bulan musim panas.

KEYWORD :

Lapisan Salju Perubahan Iklim Sphinx Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :