Minggu, 24/10/2021 19:45 WIB

Penulis Tanzania Raih Hadiah Nobel Sastra 2021

 Penulis Tanzania Abdulrazak Gurnah memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2021 untuk penggambarannya yang

Penulis Tanzania Abdulrazak Gurnah (foto: Gulftoday)

Jakarta, Jurnas.com - Penulis Tanzania Abdulrazak Gurnah memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2021 untuk penggambarannya yang "tanpa kompromi dan penuh gairah" tentang efek kolonialisme.

Dilansir Gulftoday, Jumat (08/10), Abdulrazak menerima penghargaan untuk novelnya `Paradise` (1994), terobosannya sebagai penulis, tentang efek kolonialisme dan nasib pengungsi.

Novelnya berkembang dari perjalanan penelitian ke Afrika Timur sekitar tahun 1990 silam. Ini adalah kisah dewasa dan kisah cinta yang menyedihkan di mana dunia yang berbeda dan sistem kepercayaan bertabrakan.

Abdulrazak lahir pada tahun 1948 dan dibesarkan di pulau Zanzibar tetapi tiba di Inggris sebagai pengungsi pada akhir tahun 1960-an.

Hadiah tersebut diberikan oleh Akademi Swedia dan bernilai 10 juta mahkota Swedia ($ 1,14 juta). 

Hadiah, untuk pencapaian dalam sains, sastra, dan perdamaian, diciptakan melalui wasiat penemu dinamit Swedia dan pengusaha kaya Alfred Nobel. Mereka telah diberikan sejak 1901, dengan hadiah terakhir di line-up - ekonomi.

Beberapa pemenang di masa lalu ialah novelis seperti Ernest Hemingway, Gabriel Garcia Marquez dan Toni Morrison, penyair seperti Pablo Neruda, Joseph Brodsky dan Rabindranath Tagore, atau penulis naskah seperti Harold Pinter dan Eugene O`Neill.

Tetapi penulis juga menang untuk karya yang mencakup fiksi pendek, sejarah, esai, biografi, atau jurnalisme. Winston Churchill menang untuk memoarnya, Bertrand Russell untuk filosofinya dan Bob Dylan untuk liriknya. Penghargaan tahun lalu dimenangkan oleh penyair Amerika Louise Gluck.

Di luar hadiah uang dan prestise, penghargaan Nobel sastra menghasilkan banyak perhatian bagi penulis pemenang, sering kali memacu penjualan buku dan memperkenalkan pemenang yang kurang terkenal ke publik internasional yang lebih luas.

TAGS : Penulis Tanzania Hadiah Nobel Sastra 2021




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :