Selasa, 23/04/2024 22:58 WIB

Insiden Rohingnya

Malaysia Pertimbangkan Mundur dari Ajang AFF

Myanmar rencananya akan menjamu Malaysia dalam pertandingan di Grup B, Sabtu (26/11), di Stadion Thuwanna di Yangon.

Timnas Malaysia foto bersama, berwacana akan mundur dari ajang sepakbola AFF 2016

Malaysia - Tim sepakbola Malaysia sedang mempertimbangkan untuk  mundur dari Piala AFFF Suzuki yang berlangsung di Myanmar dan Filipina untuk babak penyisihan grup. Alasannya terkait protes terhadap umat Islam Rohingnya di Myanmar.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin dilansir BBC menolak untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. "Saya tidak ingin membicarakannya dengan Anda, keputusan belum diambil," katanya dan langsung menutup telepon.

Babak penyisihan grup Piala AFF Suzuki 2016 mulai berlangsung Sabtu 19 November hingga 17 Desember mendatang. Dan pengunduran diri sebagai sikap protes Malaysia akan diumumkan dalam sidang kabinet negara itu pada Jumat (25/11).

Myanmar rencananya akan menjamu Malaysia dalam pertandingan di Grup B, Sabtu (26/11), di Stadion Thuwanna di Yangon. "Tapi apapun nanti keputusannnya, kita harus tetap mengangkat masalah ini."

"Sementara sudah lama kita ketahui bahwa Myanmar akan menjad tuan rumah, pertimbangan ini didasarkan pada laporan baru-baru ini dari Rakhine yang menunjukkan bukti-bukti serangan, yang dilaporkan memperlihatkan bukti-bukti genosida," kata Jamaluddin.

Jika memang Malaysia mundur dari Piala AFF Suzuki, maka akan bertentangan dengan prinsip ASEAN untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri anggota.

Konflik di negara bagian Rakhine, Myanmar, menyebabkan umat Islam Rohingya mengungsi ke beberapa negara dan sebagian terdampar di Indonesia dalam perjalanan ke negara tujuan akhir.

Bulan lalu operasi militer digelar di Rakhine setelah sembilan aparat polisi tewas dalam serangan-serangan yang diatur di pos-pos perbatasan di Maungdaw.

Pemerintah menuduh kelompok militan Rohingya yang melakukan serangan tersebut dan sejak operasi militer berlangsung, menurut para pegiat Rohingya, lebih dari 100 orang tewas dan ratusan lainnya ditangkap.

KEYWORD :

Insiden Rohingnya Krisis Myanmar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :