Jum'at, 19/04/2024 18:00 WIB

Kukuhkan 22 Bunda Literasi, Kab. Banyuasin Menuju Masyarakat Cerdas

Bunda literasi diharapkan dapat menjadi role model yang menginspirasi tumbuhnya kegemaran membaca masyarakat Banyuasin.

Bunda Literasi Provinsi Sumatera Selatan Percha Leanpuri pascamelantik 22 bunda literasi, Kamis, (3/12/2020).

Banyuasin, Jurnas.com — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin mendorong masyarakatnya untuk cerdas dan sejahtera tidak main-main. Salah satu buktinya, adalah mengukuhkan 22 bunda literasi kecamatan, termasuk Bunda Literasi Kab. Banyuasin Sri Fitriyanti Askolani. Bunda literasi diharapkan dapat menjadi role model yang menginspirasi tumbuhnya kegemaran membaca masyarakat Banyuasin.

“Para bunda literasi yang terlantik adalah madrasah pertama bagi anak-anak dan keluarga. Ini adalah ikhtiar bersama dalam membantu mensukseskan visi misi Pemkab Banyuasin untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas. Bunda literasi adalah role model yang diinginkan masyarakat, ucap Bunda Literasi Provinsi Sumatera Selatan Percha Leanpuri pascamelantik 22 bunda literasi, Kamis, (3/12/2020).

Bahkan, Percha mengaku bangga Kab. Banyuasin menjadi satu-satunya kabupaten di Suatera Selatan yang memiliki bunda literasi sampai tingkat kecamatan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kab. Banyuasin Slamet Soemosentono mengimbau kepada masyarakat Kab. Banyuasin meski saat ini masih dalam kondisi pandemi, namun kewajiban membudayakan kegemaran membaca jangan diabaikan.

“Pengukuhan 22 bunda literasi adalah role model dan figure untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Adin Bondar Pasaribu mewakili Perpustakaan Nasional menyatakan dukungan kepada pemerintah daerah Banyuasin dalam menggenjot literasi melalui pengukuhan 22 bunda literasi.

“Dengan kegemaran membaca, kualitas akan literasi membaik sehingga masyarakat Indonesia tidak lagi menjadi market dari pasar asing (internasional),” ucap Adin Bondar.

Kegiatan pengukuhan bunda literasi dibarengi dengan workshop yang menghadirkan narasumber Komandan AL (Danlanal) Kolonel Filda Malari yang membagikan tips memaksimalkan otak kanan dan kiri untuk kemampuan menghafal.

Di akhir kegiatan, Perpusnas secara simbolis menyerahkan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling kepada Wabup Kab. Banyuasin.

KEYWORD :

Kabupaten Banyuasin Perpustakaan Nasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :