Jum'at, 22/01/2021 13:08 WIB

Berkaca Pada OTT PAW, ICW Minta KPK Serius Tangani Kasus Edhy Prabowo

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mengatakan Lembaga Antirasuah itu harus berkaca dari kasus OTT Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI.

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Indonesian Corruption Watch (ICW) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serius dalam menangani perkara dari Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terkait dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benu.

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mengatakan Lembaga Antirasuah itu harus berkaca dari kasus OTT Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI. Menurutnya, Pimpinan KPK tidak serius dalam menuntaskan kasus itu.

"Sebab, berkaca ke belakang. Misalnya dalam kasus OTT Pergantian Antar Waktu anggota DPR RI, Wahyu Setiawan dan Harun Masiku, terlihat tidak ada komitmen dari sebagian besar Pimpinan KPK untuk menuntaskan perkara tersebut," kata Kurnia dalam keterangannya, Rabu (25/11).

Selain itu, ICW juga mengingatkan KPK agar dapat memitigasi resiko adanya `serangan balik` dari pihak-pihak tertentu.

Meski begitu, ICW tetap mengapresiasi Tim Penyidik KPK yang telah berhasil menangkap Politikus Gerindra dalam OTT di Bandara Sukarno Hatta itu.

"ICW mengapresiasi Tim Penyidik KPK yang pada akhirnya menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo," ucap Kurnia.

Seperti diketahui, KPK telah mengamankan 17 orang terkait kegiatan OTT di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 01.23 WIB dini hari.

17 orang yang diamankan yaitu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Istri Edhy Iis Rosita Dewi yang merupakan anggota komisi V DPR, beberapa pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan pihak swasta lainnya.

"Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang, diantaranya adalah menteri kelautan dan perikanan beserta istri dan beberap pejabat di KKP. Disamping itu juga bbrp orang pihak swasta," kata Ali Fikri kepada Wartawan, Rabu (25/11).

Ali juga mengatakan, pihaknya turut mengamankan beberapa barang bukti yang diduga terkait tindak pidana korupsi itu dan masih akan melakukan inventarisir.

"Turut diamankan sejumlah barang diantaranya kartu Debit ATM yang diduga terkait dengan tindak pidana korupsi dan saat ini masih diinventarisir oleh tim," ucap Ali.

TAGS : ICW KPK Edhy Prabowo OTT




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :