Rabu, 17/04/2024 03:55 WIB

HUT ke-75 RI, Wamenhan Trenggono Sampaikan Pesan Khusus ke Milenial

Program Bela Negara Kemenhah akan terus menyadarkan masyarakat terutama para milenial untuk bangga sebagai orang Indonesia

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Pertahanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, menyampaikan pesan khusus buat generasi muda milenial di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020.

Dalam pesan itu, Wamenhan Trenggono menyebut salah satu yang akan menjadi perhatian adalah Indonesia akan memasuki era bonus demografi mulai 2025-2030 yang ditandai dengan dominannya penduduk usia produktif.

"Generasi milenial akan mengisi bonus demografi tersebut sehingga perlu disiapkan untuk menggerakkan perekonomian bangsa di masa depan," ujar Wamenhan Trenggono dalam diskusi online bersama Komunitas Uzone.
 
Kepada para milenial, lanjut Trenggono, selalu belajar dan berkompetisi. Jangan kalah dengan milenial di luar negeri. Bikin inovasi yang bisa membawa harum nama bangsa dan bermanfat bagi masyarakat.

"Kita yang sudah senior selalu akan memberi ruang dan fasilitas untuk generasi berikutnya berkompetisi," tegasnya.

Wamenhan Trenggono juga mengatakan, Indonesia saat ini adalah negara yang tengah berkompetisi. Karena itu, semua anak bangsa Indonesia harus siap menghadapi kompetisi dunia.  
 
"Kita negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang kuat, laut bagus, alam bagus, dan lainnya. Jadi, generasi berikutnya ini harus kita pacu, kita picu supaya mereka punya jiwa atau rasa nasionalisme yang tumbuh," paparnya.

Trenggono menyebut generasi milenial yang lahir dan besar dimanapun, akan kembali ke tanah air/negara ini. Mereka harus tunjukkan kecintaannya kepada bangsa ini melalui satu kreativitas dan inovasi, serta cinta produk lokal.

Dijelaskannya, Kementrian Pertahanan (Kemhan) melalui Program Bela Negara akan terus menyadarkan masyarakat terutama para milenial untuk bangga sebagai orang Indonesia. Rasa bahwa saya adalah orang Indonesia, terlahir di Indoensia, memiliki kultur Indonesia, adat istiadat Indonesia.

"Kami ingin melalui Program Bela Negara, milenial bangga terlahir di Indonesia, menjadi bagian dari warga dunia. Ini filosofi dari Program Bela Negara itu," ungkapnya.

"Kita jangan kalah dengan Korea Selatan yang mampu mengguncang dunia melalui budaya K-Pop, jika dilihat dari sudut pertahanan, itu cara mereka melalui industri kreatifnya mempengaruhi dunia. Indonesia harusnya bisa seperti itu karena kita punya seni dan budaya yang banyak," tuturnya.

Bagi Trenggono, kecintaan terhadap negara oleh milenial juga bisa ditunjukkan dengan bergabung dalam Komponen Cadangan (Komcad) sesuai amanat dari Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

"Komcad ini bukan wajib militer. Ini kesadaran dari warga masyarakat yang ingin membela negara jika terjadi perang, difasilitasi dengan memberikan pelatihan selama beberapa bulan. Usai latihan dikembalikan ke masyarakat. Jika negara dalam keadaan perang, mereka siap bertempur," katanya.
 
Wamenhan Trenggono menuturkan saat ini Kemhan tengah menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar para mahasiswa bisa ikut Program Bela Negara.

"Nanti, dalam satu semester mereka bisa ikut pendidikan militer, nilainya dimasukkan ke dalam SKS yang diambil. Ini salah satu yang sedang kita diskusikan dengan Kemendikbud untuk dijalankan. Semua ini agar kita memiliki milenial yang tidak hanya kreatif dan inovatif, tetapi cinta bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-harinya," tutup Sakti Wahyu Trenggono, Wamenhan RI.

KEYWORD :

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono Bela Negara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :