Rabu, 28/10/2020 00:27 WIB

Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD Perkuat Pondasi Luhur Bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyakini keterbatasan dalam penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2020 di tengah pandemi Covid-19 tidak akan mengurangi semangat kenegarawanan.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD LaNyalla Mattalitti saat Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyakini keterbatasan dalam penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2020 di tengah pandemi Covid-19 tidak akan mengurangi semangat kenegarawanan seluruh elemen masyarakat untuk terus bergotong royong. Serta membangun kebersamaan, dan persatuan di atas pondasi nilai-nilai luhur bangsa.

Pondasi tersebut yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Hal itu disampaikan Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR RI, saat memimpin Sidang Tahunan MPR RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

“Untuk itu, ijinkan kami dari meja Pimpinan Sidang, mengungkapkan rasa kebersamaan kita melalui sebuah pantun. Mentari pagi menebar senyuman;Nyanyian burung merdu merayu; Mari teguhkan ikatan kebangsaan;Untuk mewujudkan “Indonesia Maju”. Di bawah naungan cahaya rembulan; Bahtera tersandar di pelabuhan; Di tengah suasana keprihatinan; Mari bangun semangat kebersamaan,” ujar Bamsoet.

Di samping rasa syukur yang mendalam, Bamsoet menegaskan  seluruh elemen nasional juga wajib menyambut dengan suka cita dimana sesaat lagi bangsa Indonesia akan memasuki usianya yang ke-75 tahun. Dimana, ungkap Bamsoet, usia yang ke-75 tahun tentu sudah tidak muda lagi bagi sebuah bangsa yang besar.

Maka, politisi Partai Golkar tersebut menuturkan sepatutnya segenap elemen nasional memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendiri bangsa yaitu Bapak Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta, yang telah bmenghantarkan bangsa Indonesia hingga saat ini menjadi bangsa yang merdeka, bersatu dan berdaulat, sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

“Pimpinan dan Anggota MPR/DPR/DPD RI mengucapkan Dirgahayu ke-75 RI. Semoga, kita semua diberi kekuatan untuk mewujudkan visi abadi bangsa Indonesia, yang merdeka,bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semoga, kita juga diberi kekuatan untuk mewujudkan misi abadi bangsa Indonesia,yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban duniayang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” pungkas Bamsoet.

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2020 turut dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo; Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Serta, Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6 Try Soetrisno, Anggota MPR/DPR/DPD RI, serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

TAGS : Warta MPR Ketua MPR Bambang Soesatyo Ketua DPR Puan Maharani Sidang Tahunan MPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :