Kamis, 24/09/2020 15:21 WIB

China Bilang Latihan Militer di Dekat Taiwan Diperlukan Demi Kedaulatan

Negara besar tertentu terus melakukan tindakan negatif terkait Taiwan dan mengirimkan sinyal yang salah kepada para pendukung kemerdekaan di Taiwan.

Kolonel Senior Zhang Chunhui, juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA)

Beijing, Jurnas.com - Militer China mengatakan latihan militer di dekat Taiwan baru-baru ini adalah "tindakan yang diperlukan" untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorial China.

Global Times melaporkan, pada sebuah pernyataan pada Kamis (13/8), juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Zhang Chunhui juga mengatakan, militer Tiongkok akan mengambil tindakan apa pun untuk melawan tindakan provokatif yang dapat mengakibatkan kemerdekaan Taiwan dari Tiongkok daratan.

Zhang juga mengatakan bahwa "negara besar tertentu" terus melakukan tindakan negatif terkait Taiwan dan mengirimkan sinyal yang salah kepada para pendukung kemerdekaan di Taiwan. Langkah seperti itu, katanya, sangat mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Komentar itu muncul tak lama setelah Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Amerika Serikat (AS) Alex Azar melakukan perjalanan tiga hari ke Taiwan pada Minggu (9/8).

Itu merupakan kunjungan tingkat tertinggi yang dilakukan seorang pejabat AS ke pulau yang diperintah sendiri itu sejak 1979, ketika wilayah tersebut kembali dari Inggris ke kekuasaan China. Paman Sam sendiri mengakui kedaulatan Tirai Bambu atas pulau itu.

Kunjungan itu disebut sebagai upaya untuk memperoleh pengalaman Taiwan dalam mengatasi epidemi virus corona (COVID-19). Tapi itu secara luas dipandang sebagai upaya untuk membuat bingung Beijing.

Pejabat dalam pemerintahan separatis Taiwan yang berpemerintahan sendiri menggunakan perjalanan Azar untuk menyerang China dan menuduh Beijing berusaha untuk menahan kebebasan di wilayah tersebut.

China memiliki kedaulatan atas Taiwan, dan di bawah kebijakan "Satu China", hampir semua negara dunia termasuk AS mengakui kedaulatan itu.

Meskipun Washington tidak memiliki hubungan formal dengan Taipei, AS merupakan pemasok senjata terbesar di pulau itu dan pendukung setia presiden separatis Taiwan Tsai Ing-wen.

China dengan tegas menentang setiap pertukaran resmi antara AS dan Taiwan.

Hubungan antara AS dan China mencapai level terendah dalam beberapa dekade di bawah Trump. Kedua negara berselisih tentang berbagai masalah, termasuk perdagangan, Hong Kong, Taiwan, Laut Cina Selatan, dan pandemi COVID-19. (Press TV)

TAGS : Militer China Taiwan Amerika Serikat Zhang Chunhui




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :