Sabtu, 26/09/2020 10:23 WIB

Pakar Politik LIPI Sebut PDIP Piawai Mainkan Strategi Hadapi Pilkada

Kerja partai terlihat lebih rapih dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal.

Pilkada Serentak 9 Desember 2020 (ilustrasi)

Jakarta, Jurnas.com - Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Aisah Putri Budiarti, menilai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tergolong paling siap menghadapi medan tempur Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Indikasinya, kata Putri, terlihat sejak proses penjaringan bakal calon, hingga bergaungnya rekomendasi terhadap 169 pasangan calon yang diumumkan secara serentak bergelombang dalam tiga tahap.

"Kerja partai terlihat lebih rapih dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal," kata Putri, Kamis (13/7/2020).

Ia melihat ada semangat menang yang begitu kuat dari seluruh elemen PDIP, sehingga tumbuh kepercayaan diri tinggi dalam mengawal para jagoannya.

Bagi Putri, PDIP tidak sekedar ikut-ikut mendorong calon partai lain. Meski banyak calon yang diusung bersama dengan partai lain, tetapi PDIP menjadi partai pengusung utama atau setidaknya yang paling awal mengusung calon.

"Hal ini menunjukan PDIP sebagai partai yang memang berstrategi dalam Pilkada," jelasnya.

Putri juga menyebut partai besutan Megawati Soekarnoputri ini punya lebih banyak waktu untuk memetakan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, menentukan metode kampanye, dan hal lainnya lantaran sudah lebih awal menyampaikan dukungan.

"Jika waktu ini dimanfaatkan untuk mematangkan strategi partai memenangkan para calon, maka PDIP berpeluang menjadi juara umum dalam pilkada 2020," tuntas Putri.

TAGS : Pilkada serentak 9 Desember 2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :