Kamis, 24/09/2020 15:57 WIB

China Laporkan Ayam Impor Brazil Positif Covid-19

Sampel sayap ayam beku yang diimpor ke kota Shenzhen di China selatan dari Brasil dinyatakan positif virus corona baru atau covid-19.

Seorang pria melihat produk makanan beku di supermarket menyusul wabah penyakit virus corona di Beijing, China, 13 Agustus 2020. Reuters

Jakarta, Jurnas.com - Sampel sayap ayam beku yang diimpor ke kota Shenzhen di China selatan dari Brasil dinyatakan positif virus corona baru atau covid-19.

Pusat pengendalian penyakit lokal menguji sampel permukaan yang diambil dari sayap ayam sebagai bagian dari pemeriksaan rutin yang dilakukan pada daging dan makanan laut impor sejak Juni, ketika wabah baru di Beijing dikaitkan dengan pasar makanan laut kota Xinfadi.

Otoritas kesehatan Shenzhen melacak dan menguji semua orang yang mungkin bersentuhan dengan produk makanan yang berpotensi terkontaminasi, dan juga menguji produk makanan yang disimpan di dekat kelompok yang terinfeksi. Semua hasilnya negatif.

Dilansir Asione, Kamis (13/08), kedutaan Brasil di Beijing tidak segera menanggapi permintaan komentar setelah diminta untuk memberikan komentar terkait hal tersebut.

Kantor Pusat Pencegahan dan Pengendalian Epidemi Shenzhen mengatakan masyarakat perlu tetap berhati-hati dalam hal daging impor dan makanan laut, dan harus mengambil tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko infeksi.

China melaporkan bahwa virus corona baru telah ditemukan pada kemasan udang yang diimpor dari Ekuador, dan beberapa kota lain telah melaporkan kasus makanan laut yang terkontaminasi.

Selain menyaring semua wadah daging dan makanan laut yang masuk ke pelabuhan utama dalam beberapa bulan terakhir, China telah menangguhkan beberapa impor daging dari berbagai negara, termasuk Brasil, sejak pertengahan Juni.

Kelompok pertama kasus Covid-19 juga dikaitkan dengan pasar makanan laut Huanan di kota Wuhan. Studi awal menunjukkan virus itu berasal dari produk hewani yang dijual di pasar.

Para ahli mengatakan bahwa meskipun virus SARS-CoV-2 mampu menyusup ke makanan atau bahan kemasan makanan, virus tersebut tidak dapat bereproduksi dan tidak dapat bertahan lama pada suhu kamar.

Namun, Li Fengqin, yang mengepalai laboratorium mikrobiologi di Pusat Pengkajian Risiko Keamanan Pangan Nasional China, mengatakan kepada wartawan pada bulan Juni bahwa makanan yang terkontaminasi yang disimpan dalam penyimpanan dingin dapat menjadi sumber penularan potensial

TAGS : Ayam Impor Brazil Pemerintah China Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :