Rabu, 23/09/2020 17:25 WIB

Indo Barometer Sebut PDIP Alami Kemajuan Hadapi Pilkada 2020

M Qodari, pakar politik dari Indo Barometer

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai langkah politik PDI Perjuangan (PDIP) di Pilkada 2020 mengalami kemajuan dibanding sebelum-sebelumnya.

Pertama, kata Qodari, partai banteng moncong putih secara serentak bergelombang telah mengumumkan para calon kepala daerah.

"Ini kemajuan karena di pilkada sebelumnya, PDIP selalu memutuskan para calonnya di saat akhir masa pendaftaran," ujar Qodari kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

Kedua, Qodari menyebut PDIP sangat proaktif menyongsong pilkada serentak 2020. Juga mempersiapkan diri secara baik menuju medan tempur.

"Ya kali ini untuk Pilkada 2020, saya lihat PDI Perjuangan jauh lebih pro aktif dibandingkan dengan pilkada sebelumnya. Menurut saya dari segi timing, ini sebuah kemajuan yang sangat signifikan," imbuh Qodari.

Ketiga, Qodari melihat ada upaya sistematis dari PDIP dalam merencanakan kegiatan Pilkada, terutama pada tahap penetapan calon.

Dengan pengumuman yang dilaksanakan bergelombang alias beberapa tahap, jelas Qodari, PDIP memberikan simbol kepada publik bahwa ada proses atau mekanisme yang bekerja di dalam internal partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu.

"Tentunya itu memberikan harapan atau kemungkinan bahwa memang calon yang dwiajukan oleh PDI Perjuangan di tahun 2020 ini lebih bagus," paparnya.

Meski belum bisa membuat prediksi yang spesifik, Qodari menyebut peluang kemenangan PDIP memang lebih bagus, karena sikap proaktif dan sistematis dalam mempersiapkan jagoannya di Pilkada.

"Pertama, peluang menangnya lebih bagus, kedua kualitasnya (cakada PDIP, red) lebih bagus. Karena pengambilan keputusan itu sekali lagi bersifat sistematis dan menggunakan kriteria-kriteria yang terukur. Itu diharapkan bisa menghasilkan calon yang berpeluang menang dan sekaligus punya kualitas yang baik," jelasnya lagi.

Pilkada 2020 sendiri akan dihelat serentak di 270 daerah. Pada pengumuman tahap pertama, PDIP menetapkan 49 pasangam calon. Sementara gelombang kedua diumumkan sebanyak 45 calon, termasuk diantaranya adalah Gibran Rakabuming untuk Pilwalkot Solo dan Hanindhito Pramoni di Pilbup Kediri.

Kemarin, gelombang ketiga calon kepala daerah diumumkan, dengan total sebanyak 75 kandidat. Diantaranya adalah Bobby Nasution-Aulia Rachman yang diusung di Pilwalkot Medan.

Sisanya, PDIP berencana menggelar pengumuman cakada gelombang keempat yang termasuk calon gubernur serta Pilwalkot Surabaya.

TAGS : Indo Barometer Muhammad Qodari PDI Perjuangan Pilkada 2020




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :