Kamis, 25/04/2024 19:11 WIB

Kemnaker Inspeksi Perusahaan Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan

Iswandi Hari menilai kantor bank swasta nasional tersebut telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik

Kemnaker menggelar inpeksi di perusahaan Perbankan untuk pastikan penerapan protokol kesehatan (Humas Kemnaker)

Jakarta, Jurnas.com – Menyongsong era adaptasi kebiasaan baru, Kementerian Ketenagakerjaan meninjau penerapan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah perusahaan/industri.

Kali ini, Tim Ditjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker meninjau kesiapan penerapan protokol kesehatan di gedung perkantoran bank swasta nasional yang berada di kawasan Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, hari Senin (10/8/2020).

Peninjauan ini dihadiri langsung Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3, M Iswandi Hari, dengan didampingi Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PNK3) Kemnaker, Ghazmahadi, Sesditjen Binwasnaker dan K3, Hery Setianto, dan Kabid Pengawasan Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta, Khadik Triyanto.

Dalam kesempatan ini, tim berkeliling meninjau pelayanan perbankan, self assesment bagi tamu, lantai tenant, operasional, hingga kantin.

Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3, Iswandi Hari, mengapresiasi perusahaan perbankan swasta nasional yang telah menerapkan protokol kesehatan melalui sistem transportasi vertikal, yakni dengan physical distancing dan Self Assessment System bagi tamu atau pengunjung.

"Setiap pengunjung yang masuk ruangan ini, harus mengisi self assesment. Kalau diisi dengan baik, akan ketahuan tamu yang masuk kategori kuning, hijau, dan merah. Kalau merah tidak boleh masuk, karena ada sesuatu. Kategori kuning dan hijau boleh masuk, " ujar Iswandi Hari.

Setelah berkeliling dan mengecek area perkantoran, Iswandi Hari menilai kantor bank swasta nasional tersebut telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Di antaranya cuci tangan menggunakan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker dan pemberiaan tanda pengunjung sebelum masuk ke dalam perkantoran.

"Bahkan karyawan masuk hanya 30 persen yang telah di-shifting. Tadi juga lihat di self customer service, setiap ada pengunjung selesai, langsung didisinfektan. Mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi perkantoran lain sehingga jika gerakan ini dipraktekkan, memutus mata rantai Covid-19 bisa berhasil," kata Iswadi.

Kemnaker menggelar inspeksi ke perusahaan perbankan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan (Humas Kemnaker)

Iswandi Hari berharap, seluruh perusahaan yang memiliki jumlah karyawan dalam jumlah besar dapat mengaplikasikan protokol kesehatan dengan baik. "Jika digerakkan semua, mampu memutus mata rantai Covid-19," ujar Iswadi.

Sementara Direktur PNK3, Ghazmahadi, menambahkan, tujuan peninjauan ini untuk memastikan penerapan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi pekerja dan pengusaha di tempat kerja.

"Kami ingin memastikan tenaga kerja melaksanakan protokol pencegahan kesehatan bagi dia sendiri dan melihat apakah perusahaan itu sudah menerapkan atau belum protokol pencegahan pengendalian Covid-19, " kata Ghazmahadi.

Ghazmahadi menambahkan, pihaknya perlu melakukan pengawasan secara terus-menerus terkait penerapan protokol kesehatan untuk membudayakan protokol ini sebagai sebuah kebiasaan di tempat kerja.

"Kami juga ingin mendisplinkan masyarakat agar menggunakan alat pelindung diri Covid-19 sebagai sebuah kebiasaan dan berharap menjadi budaya penggunaan masker dan hand sanitizer," kata Ghazmahadi.

Sementara Manajer Keselamatan dan Kesehatan Kerja Grand Indonesia (GI), Unggul Wahyudono, menyambut positif kunjungan Tim Binwasnaker & K3 Kemnaker.

"Kami sangat apresiasi karena kami merasa metode protokol kesehatan yang kami jalankan benar-benar diperhatikan oleh pemerintah," ujar Unggul didampingi Kepala Cabang Bank Swasta Nasional, Yuliana.

Humas GI, Anisa Hazarini, juga menyambut baik pihaknya memperoleh inspeksi Kemnaker dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19. "Jadi kami mengetahui apa-apa yang belum dan tidak diimplementasikan. Tapi sejauh ini, kunjungan Disnaker dan Kemnaker, kami sudah penuhi dengan baik, " ujarnya seraya mengajak bersama-sama mengurangi penyebaran Covid-19.

KEYWORD :

Info Menaker Perbankan Protokol Kesehatan Kemnaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :