Jum'at, 26/04/2024 15:29 WIB

Ketua KPK Serukan Esensi Perjuangan Veteran Bagi Pemberantasan Korupsi

Dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional ke-71, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyerukan perjuangan dalam memberantas tindak kejahatan korupsi di tanah air.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri. Foto: Dok.KPK

Jakarta, Jurnas.com - Dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional ke-71, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyerukan perjuangan dalam memberantas tindak kejahatan korupsi di tanah air.

Firli mengisahkan, ketika mendengar kata veteran nasional, tidak sedikit hikmah dari esensi sikap dan integritas para pejuang yang seyogianya diterapkan untuk meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan yang dulu mereka rebut dengan darah dan air mata.

"Salah satunya bersama-sama menumpas korupsi dan perilaku koruptif yang masih menjajah republik ini," tegas Firli, melalui rilisnya menyambut Hari Veteran Nasional, Senin (10/8).

Dari kisah perjuangan para veteran, menurutnya, banyak sekali tauladan kehidupan yang dapat dipetik mengenai bentuk nyata dari sebuah pengorbanan, keikhlasan, keberanian, dan tekad kuat dalam diri para pejuang kemerdekaan, sehingga rela mengorbankan jiwa, raga, dan harta dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan.

"Saya teringat kata-kata Bung Karno `Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, Perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsa sendiri` ucapan Proklamator tersebut benar adanya, sekarang tugas kita akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri, melawan para koruptor, melawan kebodohan, melawan kemiskinan, melawan ketertinggalan, melawan intoleransi dan melawan persekusi," tegasnya.

Firli menegaskan, korupsi bukan hanya kejahatan merugikan keuangan negara, bukan saja merugikan keuangan negara, tetapi korupsi merupakan bagian dari kejahatan merampas hak-hak rakyat, hak azazi manusia.

"Karena itulah bagi saya, korupsi adalah kejahatan melawan kemanusiaan (corruption is a crime againts humanity)," tegas Firli.

Menurutnya, sudah banyak negara gagal mewujudkan tujuannya dikarenakan kejahatan korupsi. Karena itu, Firli menyampaikan, sudah saatnya seluruh elemen bangsa berperan untuk menghentikan korupsi dan mengangkat senjata bambu runcing yang tak lain menggunakan intergritas sebagai perlawanan terhadap korupsi.

"Sama halnya dengan yang dilakukan para veteran waktu dulu, peran serta seluruh eksponen bangsa saat ini, sangat diperlukan dalam perang melawan laten korupsi yang telah merambak dalam setiap tatanan kehidupan di negara ini," katanya.

"Lihatlah para veteran nasional kita, mereka telah membuktikan bahwasanya sesuatu yang sulit bahkan mustahil sekalipun, dapat dilakukan dengan tekad yang kuat dan percaya apa yang diperbuat kelak akan dibalas di dunia maupun di akhirat," tegas Firli.

KEYWORD :

Ketua KPK Firli Bahuri Hari Veteran Nasional Pemberantasan Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :