Jum'at, 25/09/2020 10:43 WIB

64.555 Siswa Ikuti Seleksi Tahap Awal Kihajar STEM

Hasan Chabibie mengatakan, dalam tahap ini peserta akan diminta mengerjakan 20 soal dengan materi yang terdiri dari sains, teknologi, enjinering, dan matematika.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Kemdikbud Hasan Chabibie (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 64.555 siswa dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK seluruh Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan Kihajar STEM Basic, yang merupakan seleksi tahap awal dalam rangkaian pelaksanaan Kihajar STEM.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hasan Chabibie mengatakan, dalam tahap ini peserta akan diminta mengerjakan 20 soal dengan materi yang terdiri dari sains, teknologi, enjinering, dan matematika.

Peserta mengerjakan soal melalui aplikasi QUIZIZZ dengan durasi waktu pengerjaan selama 90 menit. Adapun setiap soal memiliki durasi waktu yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat kesulitan.

"Tingginya animo GEN KIHAJAR dalam mengikuti KIHAJAR STEM BASIC diharapkan dapat menjaga nyala api pendidikan di Indonesia," terang Hasan Chabibie pada Minggu (10/8) kemarin dalam pelaksanaan Kihajar STEM Basic.

Hasan melanjutkan, mendaftaran Kihajar STEM Basuc telah dibuka melalui laman tve.kemdikbud.go.id sejak Kihajar diluncurkan secara daring pada 23 Juli 2020 lalu, yang bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

Dan tingginya animo Gen Kihajar dalam mengikuti Kihajar STEM Basic, diharapkan dapat menjaga nyala api pendidikan di Indonesia, serta meningkatkan kemampun literasi khususnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran.

"Melalui pelaksanaan Kihajar akan menciptakan Gen Kihajar yang memiliki karakter mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia, dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila," ujar dia.

Proses pelaksanaan Kihajar STEM Basic ini juga disiarkan secara langsung melalui siaran TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, serta kanal YouTube Televisi Edukasi, Facebook Live Tvedukasi Kemdikbud, Instagram tvedukasi_kemdikbud.

Kegiatan ini juga menghadirkan dialog dengan pakar Pendidikan STEM, penampilan aksi dari Gen Kihajar, dan Kihajar Explorer interaktif.

TAGS : Kihajar STEM Kemdikbud Hasan Chabibie




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :