Rabu, 24/04/2024 13:05 WIB

Penyuluh Sorolangun Semangati Sesama Penyuluh

Penyuluh harus tetap harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan masing-masing panen dan pemrosesannya berjalan dengan baik.

Penyuluh pertanian di Kecamatan Sorolangun, Gendut Pulnadi terus memotivasi rekan-rekannya sesama penyuluh.

Jakarta, Jurnas.com - Penyuluh pertanian di Kecamatan Sorolangun, Gendut Pulnadi terus memotivasi rekan-rekannya sesama penyuluh untuk tetap bekerja meski dalam kondisi pandemi virus corona (COVID-19).

"Salah satu lokasi desa binaan kami, Kelompok Tani Pemancar, kelurahan Sukasari kali ini sedang panen padi dengan varietas Sertani," jelas Gendut Pulnadi, Penyuluh Setempat.

Gendut Pulnadi menjelaskan kami penyuluh dan petani tetap semangat melakukan pendampingan terhadap petani khususnya saat panen di masa pandemi.

Ia juga menambahkan penyuluh di Kecamatan Sarolangun selalu menjaga proses panen tetap berlangsung aman, di tengah pandemi, para penyuluh juga memberikan bimbingan kepada para petani tentang tata cara panen menghadapi situasi darurat ini, sesuai dengan protokol COVID-19

Sesuai arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak boleh tertunda apalagi berhenti. Begitu pula kegiatan olah tanah, olah tanam hingga panen padi oleh petani harus tetap berlangsung walau di tengah pendemi.

Dalam berbagai kesempatan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nuryamsi mengatakan penyuluhan tidak boleh berhenti. Menurutnya, adanya pandemi tidak serta membuat kegiatan pertanian berhenti.

"Aktivitas pertanian harus berlanjut. Pertanian sebagai gerbang terdepan penyedia stok pangan nasional harus tetap semangat berproduksi," ujar Dedi.

Melalui aktivitas penyuluhan menunjukkan semua insan pertanian merupakan pejuang pangan yang terus menurus secara mandiri maupun bantuan pemerintah mampu menyediakan pangan pada kondisi darurat seperti ini. Penyediaan pangan dalam hal masa kritis ini adalah sebuah keniscayaan.

Tugas pertanian di saat pandemi harus lebih giat lagi dan tetap produktif. Penyuluh harus tetap harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan masing-masing panen dan pemrosesannya berjalan dengan baik, jangan sampai ada pangan yang tertahan," kata Dedi.

KEYWORD :

Penyuluh Pertanian Dedi Nursyamsi Penyuluh Sorolangun Gendut Pulnadi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :