Kamis, 01/10/2020 13:38 WIB

BPSDMP Dorong Inovasi Pemanfaatan Teknologi untuk PJJ

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Sugihardjo. Foto: bpsdmp

Jakarta, Jurnas.com  –Pandemi Covid-19 telah mengubah cara bekerja dan aktivitas lainnya termasuk dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Penggunaan teknologi informasi di sekolah-sekolah menjadi sebuah keniscayaan agar proses belajar dan mengajar dapat dilakukan, meskipun harus dilakukan dengan jarak jauh.

“Pandemi Covid-19 ini memaksa perkembangan teknologi dan adaptasinya dalam kehidupan sehari-hari 10-15 tahun lebih cepat. Bila sebelumnya kita hanya menggunakan komputer sebagai standalone work station, saat ini seiring dengan perkembangan teknologi dengan sambungan internet kita bisa berinteraksi dengan leluasa tanpa ada hambatan jarak,” demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP), Sugihardjo dalam Webinar Politeknik Penerbangan (Poltekpel) Jayapura yang  diterima jurnas.com di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Webinar yang mengusung tema "Initiating ICT Based Collboration And Partership Ini The New Normal Adaptation Era” menghadirkan Prof. Mario Koppen, dari Institut Teknologi Kyushu Jepang selaku pebicara utama.

Sugihardjo mengatakan mengatakan bahwa untuk mendukung strategi BPSDMP dalam meningkatkan daya jual lulusannya adalah dengan penguasaan teknologi informasi dan background wawasan internasional serta kemampuan berbahasa asing. 

Untuk itu, hanya dengan berkolaborasi dengan mitra kerja sama di negara maju dan di masa pandemic ini kemajuan teknologi informasi dapat menjadi sarana utama.

“Setelah penyelenggaraan kegiatan ini memacu dan mendorong seluruh Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan untuk secara aktif menjajagi peluang kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia dan penelitian sektor tranportasi berbasis Teknologi Informasi Komunikasi khususnya untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran praktik,” ujarnya.

 

Wisuda Drive Thru

Masih terkait inovasi dan pemanfaatan teknologi, meski dalam kondisi pandemi, di lokasi yang berbeda hari ini Kamis (6/8/2020), Sekretaris BPSDM Perhubungan, M. Popik Montanasyah melantik 181 Perwira Pelayaran Niaga lulusan Diklat Peningkatan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong di Kampus Poltekpel Barombong pada dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan tata cara yang unik.

Berbeda dengan Upacara Pelantikan pada tatanan New Normal sebelumnya, pelantikan kali ini disaksikan langsung oleh anggota keluarga melalui kendaraan roda 4 masing-masing yang ditata di belakang barisan Upacara dan diisi maksimal 50% dari kapasitas kendaraan. Selain itu hal yang unik dari Upacara Pelantikan kali ini, pemberian tanda kelulusan dilakukan secara Drive Thru.

"Saya mengapresiasi inisiatif Politeknik Pelayaran Barombong dapat melaksanakan upacara pelantikan perwira pelayaran niaga ini dengan protokol kesehatan pada masa pandemi dengan tata cara yang berbeda," ucap Popik.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19  saat ini, dimana pemberlakuan Physical Distancing untuk mencegah penyebaran virus, tentunya membutuhkan inovasi dalam memenuhi kurikulum diklat yang memiliki komposisi pembelajaran teori 30% dan praktik 70%.

"Tentunya tidak mudah untuk menyelesaikan pendidikan sesuai kurikulum tersebut di masa pandemi covid 19 terutama pembelajaran praktik yang karena usaha dan inovasi-inovasi dari jajaran civitas akademika, semuanya dapat terlalui," ungkap Popik.

TAGS : BPSDMP teknologi pjj




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :