Sabtu, 19/09/2020 22:27 WIB

Pandemi Covid-19, Momentum Tampilkan Pilkada Gaya Baru

Pelaksanaan kontestasi Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini menjadi momentum untuk menampilkan pesta demokrasi dengan gaya baru.

Presiden Jokowi

Jakarta, Jurnas.com - Pelaksanaan kontestasi Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini menjadi momentum untuk menampilkan pesta demokrasi dengan gaya baru.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas soal `Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak` seperti disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (5/8).

Menurutnya, pandemi Covid-19 saat ini menuntut seluruh peserta dan penyelenggara untuk berinovasi dalam pelaksnaan Pilkada serentak 2020.

"Ini jadi momentum baru untuk menampilkan cara-cara berpilkada dengan cara baru, inovasi, baik dalam berdemokrasi di masa pandemi, dari sisi penyelenggara, dari sisi peserta," kata Jokowi.

Menurutnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menyampaikan laporan terkait kesiapan anggaran Pilkada 2020. Sementara, antisipasi keamanan dan kerawanan dalam pelaksanaan pilkada akan segera dimintai laporan.

"Nanti saya meminta laporan antisipasi keamanan dan kerawanan dalam pilkada ini yang menyangkut kurang lebih 270 pilkada, baik pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan, pentingnya penerapan protokol kesehatan. Dimana, penerapan protokol kesehatan juga harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan pilkada.

"Sehingga nantinya tidak menimbulkan klaster baru atau gelombang baru dari Covid yang kontraproduktif," kata Jokowi.

TAGS : Presiden Jokowi Rapat Kabinet Pilkada 2020 Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :