Sabtu, 08/08/2020 04:27 WIB

Sekolah di Turki Kembali Dibuka Akhir Agustus

Turki berencana untuk membuka kembali sekolah-sekolah secara nasional pada 31 Agustus

Seorang siswa menonton ceramahnya dari TV dalam program pendidikan jarak jauh, pada 23 Maret 2020 di Ankara, Turki [Volkan Furuncu / Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Turki berencana untuk membuka kembali sekolah-sekolah secara nasional pada 31 Agustus, untuk membuat siswa kembali belajar di ruang kelas dan membebaskan orang tua bekerja, dengan perkembangan situasi akibat pandemi Covid-19.

Dilansir Middleeast, Rabu (29/07), para guru dan administrator sedang mempersiapkan tindakan pencegahan kesehatan di sekolah-sekolah sebelum resmi kembali dibuka.

Sebelumnya, sekolah bergeser ke pendidikan jarak jauh pada bulan Maret ketika Turki mengidentifikasi kasus pertamanya dan mulai membatasi pergerakan.

Sebagian besar perekonomian dibuka kembali pada 1 Juni, setelah tahun ajaran berakhir, tetapi masker dan tindakan kebersihan lainnya masih diperlukan di depan umum.

“Kami telah diberitahu bahwa sekolah akan dibuka kembali, jadi kami akan melihat bagaimana kelanjutannya,” kata seorang guru kelas satu di kota selatan Antalya.

"Aku merasa agak khawatir tentang kesehatan murid-muridku dan keluargaku, tentu saja."

Turki melaporkan sebanyak 230.000 kasus dan lebih dari 5.600 kematian berada di kota terbesarnya, Istanbul. Ibukota Ankara dan Diyarbakir di tenggara yang sebagian besar adalah suku Kurdi juga merupakan kasus terbanyak.

Satu sumber pemerintah mengatakan bahwa jika jumlah kasus berkurang, semua sekolah akan dibuka, tetapi sebaliknya, sekolah di daerah dengan infeksi tinggi mungkin tetap ditutup.

Seorang pejabat senior kedua mengatakan kelas mungkin harus tetap online untuk beberapa provinsi tenggara. "Normalisasi sedang berlangsung tapi jumlahnya seharusnya turun lebih cepat."

Seorang guru sekolah dasar yang berbasis di bagian tenggara mengatakan beberapa siswanya tidak memiliki sarana untuk menghadiri kelas online. "Pengajaran online tidak akan pernah seefisien pembelajaran di kelas," katanya.

Presiden Tayyip Erdogan dan kabinetnya akan membuat keputusan akhir akhir bulan depan berdasarkan penyebaran infeksi dan saran dari para ilmuwan, kata para pejabat itu.

Ekonomi Turki hampir stagnan pada kuartal kedua dan diperkirakan menyusut tahun ini.

TAGS : Pemerintah Turki Pandemi Covid-19 Sekolah Dibuka




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :