Rabu, 02/12/2020 13:00 WIB

Sekjen PBB Ajak Masyarakat Internasional Tegakkan Keadailan dan Perangi Rasisme

COVID-19 seperti x-ray, yang berhasil mengungkapkan kerapuhan masyarakat yang selama beberapa dekade diabaikan.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres. (Foto: AFP)

New York, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres meminta masyarakat internasional untuk menggalakkan keadilan dan memerangi rasisme dalam semua manifestasinya.

Hal itu disampaikan melalui pidatonya pada Peringatan Majelis Umum tahunan Hari Internasional Nelson Mandela dan Pengakuan Pemenang Hadiah Nobel PBB Nelson Rolihlahla Mandela pada awal pekan ini.

"Setiap hari, dalam pekerjaan kami di seluruh dunia, kami harus berusaha melakukan bagian kami untuk mempromosikan inklusi, keadilan, dan martabat. Kita harus memerangi rasisme dalam semua manifestasinya," ujarnya.

"Saat kita merayakan Madiba (nama yang paling umum digunakan oleh orang Afrika Selatan untuk Mandela) dan perjuangan seumur hidupnya untuk keadilan dan kesetaraan. Kita harus menyadari bahwa kita masih menghadapi wabah rasisme yang terus-menerus," sambungnya.

"Kekejian ini melanggar Piagam PBB dan menghina nilai-nilai inti kita," tegasnya.

Guterres mengingatakan, COVID-19 berhasil mengungkapkan kerapuhan masyarakat yang selama beberapa dekade diabaikan, seperti perawatan kesehatan yang tidak memadai, kesenjangan dalam perlindungan sosial, ketidaksetaraan struktural, degradasi lingkungan dan krisis iklim.

"Sebagai tanggapan, kita membutuhkan para pemimpin dunia untuk menumbuhkan persatuan dan solidaritas," katan Guterres.

Guterres meminta komunitas internasional untuk bekerja keras untuk mengurangi ancaman umum pandemi dan untuk mempromosikan pemulihan yang akan membangun masyarakat dan ekonomi yang lebih berkelanjutan, inklusif dan setara gender."

"Ketika PBB menandai ulang tahunnya yang ke-75 di masa yang rapuh ini, mari kita renungkan kehidupan dan karya Nelson Mandela, yang mewujudkan nilai-nilai tertinggi PBB dan yang mengambil tindakan dan mengilhami perubahan," kata Guterres.

Hari Internasional Nelson Mandela (Hari Mandela) adalah hari internasional tahunan untuk menghormati Nelson Mandela, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 18 Juli.

Hari itu secara resmi dinyatakan oleh PBB pada November 2009, dengan Hari Mandela PBB pertama diadakan pada 18 Juli 2010. Namun, kelompok lain mulai merayakan Hari Mandela pada 18 Juli 2009. (The Rahnuma)

TAGS : Sekjen PBB Antonio Guterres Perangi Rasisme Nelson Mandela




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :