Jum'at, 19/04/2024 15:40 WIB

Stimulus UMKM Terimbas Covid-19 dengan KTA Bunga 1 Persen

Fadel mengusulkan pemberian Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk UMKM dengan bunga 1% sebagai stimulus ekonomi akibat pandemi Covid-19

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengatakan semua sektor ekonomi terkena dampak pandemi Covid-19 termasuk UMKM. Sebanyak 47% UMKM terkena dampak Covid-19.

Fadel Muhammad menyebut UMKM yang menyerap banyak tenaga kerja sebagai peyangga ekonomi.

UMKM perlu disokong kelangsungannya dengan stimulan kredit,” ujar Fadel dalam Media Expert Meeting, Selasa (14/7/2020).

Saat ini ada sekitar 60,6 juta UMKM yang telah terhubung ke lembaga pembiayaan formal dan sekitar 23 juta KUMKM (Koperasi – UMKM) yang belum terhubung dengan lembaga pembiayaan atau perbankan.

Fadel yang pernah menjadi Ketua Komisi XI DPR ini menyebutkan hampir semua kegiatan ekonomi dalam keadaan sulit dan tidak likuid. Karena itu perlu keberanian pemerintah untuk mengambil langkah-langkah agar ekonomi menjadi likuid.

“Kami dari Pimpinan MPR meminta kegiatan perbankan dan institusi keuangan mengambil langkah new normal sehingga ekonomi bergulir serta likuid,” ujarnya.

Fadel mengusulkan pemberian Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk UMKM dengan bunga 1% sebagai stimulus ekonomi akibat pandemi Covid-19. Untuk itu pemerintah harus menginjeksi bank-bank BUMN dan Swasta untuk merealisasikan bantuan stimulus kepada UMKM itu.

“Injeksi sekitar Rp 40 triliun ke bank-bank BUMN agar segera direalisasikan untuk memacu pergerakan ekonomi di sektor UMKM. Namun Rp 40 T kami rasa tidak cukup. Kami usulkan paling tidak Rp 200 triliun,” kata Fadel.

KEYWORD :

Fadel Muhammad UMKM Stimulu KTA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :