Jum'at, 19/04/2024 11:57 WIB

Jokowi Tunjuk Prabowo Pimpin Pengembangan Ketahanan Pangan

Presiden Jokowi meminta Menhan Prabowo Subianto memimpin pengembangan lumbung pangan di tengah pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo di Kalteng. (Foto : Jurnas/FB).

Jakarta, Jurnas.com- Ditengah pandemi Covid-19 dan situasi ekonomi saat ini, Presiden RI Joko Widodo berusaha untuk mengembangkan lahan seluas 165.000 hektare di Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan nasional.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditunjuk untuk memimpin pengembangan Food Estate atau lumbung pangan di Kalteng dengan dukungan Menteri Pertanian dan juga Menteri PUPR.

"Karena ini menyangkut cadangan strategis pangan kita, leading sector-nya akan kita berikan ke Pak Menhan yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian, juga Menteri PU. Tentu saja di daerah kita harapkan ada dukungan dari gubernur dan para bupati," urai Jokowi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis, 9 Juli 2020, kemarin.

Pengembangan lumbung pangan nasional ini, diungkapkan Jokowi sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan dan dapat menjadi sumber cadangan logistik nasional.

Presiden Jokowi memberi tugas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memimpin pengembangan Food Estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah.

"Lumbung ini akan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa, terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas," keterangan dalam Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Kendati begitu, pembangunan lumbung padi tetap akan dimonitor oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dengan pengembangan lumbung pangan baru ini, Jokowi berharap cadangan pangan nasional dapat terpenuhi dan dikelola dengan manajemen yang baik. Sehingga, juga dapat diekspor ke negara-negara lain.

"Semuanya akan dimanage dengan managemen yang ada, dan kalau sisa itulah yan akan kita ekspor ke negara lain," ungkap Jokowi.

Selain itu, pengembangan lumbung pangan baru tersebut diharapkan dapat menjadi sumber cadangan logistik nasional untuk mencegah kekurangan pasokan pangan dalam negeri dan untuk mengantisipasi krisis pangan. Kebersamaan keduanya diabadikan oleh Prabowo Subianto di akun Instagram pribadinya.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Prabowo Subianto Ketahanan Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :