Minggu, 09/08/2020 00:29 WIB

Jerman Kecam Rusia-China Blokir Bantuan Suriah

Suriah telah dikunci dalam perang saudara yang ganas sejak awal 2011, ketika rezim Assad menindak protes pro-demokrasi dengan keganasan yang tak terduga.

Anggota Pertahanan Sipil Suriah (Helm Putih) mendisinfeksi bangunan dan tenda tempat keluarga tinggal bersama sebagai tindakan pencegahan terhadap pandemi coronavirus (Covid-19) di Idlib, Suriah pada 24 Maret 2020 [Muhammed Said - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Seorang anggota parlemen terkemuka dari partai berkuasa Jerman mengecam China dan Rusia karena memblokir resolusi Dewan Keamanan PBB yang memperluas bantuan lintas batas ke Suriah

"Tindakan Rusia dan China itu sinis dan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan," kata Jurgen Hardt, juru bicara kebijakan luar negeri untuk kelompok parlementer CDU / CSU di Bundestag Jerman, dalam sebuah pernyataan dilansir Middlleeast, Kamis (09/07).

Jurgen menyerukan Rusia dan China untuk melepaskan veto mereka dan akhirnya membersihkan jalan bagi bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan untuk populasi Suriah.

"Presiden Rusia Putin dan Presiden Tiongkok Xi secara pribadi bertanggung jawab atas penderitaan rakyat Suriah," tambah Hardt, yang negaranya memimpin Dewan Keamanan PBB bulan ini.

Moskow dan Beijing pada Selasa memveto resolusi Dewan Keamanan PBB untuk memperpanjang pengiriman bantuan dari Turki ke Suriah, yang menurut PBB sangat penting untuk menyelamatkan jutaan nyawa.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres Stephane Dujarric mengatakan sebelum pemungutan suara bahwa akses lintas perbatasan adalah vital bagi kesejahteraan warga sipil di Suriah barat laut Hidup tergantung padanya.

Sisa 13 anggota Dewan Keamanan memberikan suara untuk mendukung resolusi yang dirancang. oleh Jerman dan Belgia.

Dewan Keamanan sekarang dijadwalkan untuk memberikan suara pada mosi Rusia untuk menyetujui satu penyeberangan Turki untuk akses bantuan selama enam bulan.

Suriah telah dikunci dalam perang saudara yang ganas sejak awal 2011, ketika rezim Assad menindak protes pro-demokrasi dengan keganasan yang tak terduga.

Sejak itu, ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta lainnya mengungsi, menurut pejabat PBB.

Pasokan bantuan - baik dari PBB dan kelompok Turki - pergi secara teratur dari perbatasan Turki menyeberang ke Suriah, ke selatan.

TAGS : Pemerintah Jerman Rusia China Bantuan Suriah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :