Jum'at, 26/04/2024 17:17 WIB

4.475 Peserta Bersaing di Pesta Daring UNJ 2020

Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta, Dr. Abdul Sukur mengatakan, rangkaian ajang yang berlangsung secara daring (online) tersebut telah berlangsung sejak 21 Mei dan berakhir pada 20 Juli 2020 mendatang, serta diikuti oleh 4.475 peserta dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia.

Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr. Komarudin

Jakarta, Jurnas.com - Kompetisi Pekan Sains Teknologi dan Aktualisasi Mahasiswa Daring Universitas Negeri Jakarta (Pesta Daring UNJ) 2020 resmi dibuka pada Senin (6/7) kemarin, melalui aplikasi konferensi video Zoom oleh Rektor UNJ Dr. Komarudin.

Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. mengatakan, rangkaian ajang yang berlangsung secara daring (online) tersebut telah berlangsung sejak 21 Mei dan berakhir pada 20 Juli 2020 mendatang, serta diikuti oleh 4.475 peserta dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia.

"Kegiatan Pesta Daring UNJ dilaksanakan secara gratis dan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah kompetitif bagi para mahasiswa dan pelajar di tengah situasi pandemi saat ini," terang Sukur pada Selasa (7/7) dalam keterangannya.

Sukur bertekad untuk menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin. Dia juga berharap kegiatan Pesta Daring UNJ tahun 2020 bisa mendapatkan rekomendasi kegiatan dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Sementara Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi mengapresiasi kegiatan Pesta Daring UNJ 2020, sebagai wadah untuk membangun semangat mahasiswa untuk tetap berprestasi di tengah pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, kompetisi ini merupakan sebuah adaptasi kebiasaan berprestasi baru guna menyesuaikan kondisi yang sedang terjadi saat ini, dengan tetap berprestasi meski dari rumah.

"Ini menjadi acuan kita untuk tidak menyerah pada kondisi yang sedang terjadi saat ini, dan diharapkan kegiatan pesta daring UNJ 2020 menjadi jejak digital bahwa kita pernah menempuh jalan terjal untuk tetap berprestasi di tengah kondisi Covid-19," ujar Asep.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, Dr. Komarudin. Dia menyebut pandemi tidak boleh membuat mahasiswa terus murung dan gundah gulana, dan sebaliknya harus terus semangat dan tetap berjuang

"Sejalan dengan tujuan Pusat Prestasi Nasional kegiatan ini juga menjadi bukti kreatifitas Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta yakni Merdeka Belajar. Kegiatan ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman untuk tetap berprestasi tanpa khawatir terpapar Virus Covid-19 yang sedang meningkat di berbagai negara di dunia," kata Komarudin.

"Dengan kegiatan ini mahasiswa tidak diberikan kesempatan untuk berhenti berprestasi, sehingga mahasiswa akan terus berpikir kreatiif dan mengasah kreatifitas serta kemampuan untuk dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain," sambung dia.

Pesta Daring UNJ 2020 menjanjikan hadiah total Rp50 juta untuk 15 mata lomba, yakni: Seminar Nasional Kebangsaan; Musabaqah Tilawatil Quran; IoT Development Competition; Music Collaboration Challenges; Enterpreneur Challenge: UNJ Solve-A-Thon; Podcast Competition; Photo Competition; Essay Competition; Live Quiz; Open Networking Competition; Web Development Competition; Hacking Games Competition; Distance Learning Vidio Competition; E-Sport Competition; dan Dance Competition.

KEYWORD :

Pesta Daring UNJ 2020 Universitas Negeri Jakarta Abdul Sukur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :