Kamis, 06/08/2020 05:45 WIB

Kemdikbud Gelar Kemah Virtual Pertama di Dunia

Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud, Hendarman mengatakan ini merupakan kemah virtual pertama di dunia, dan diikuti oleh 2.982 peserta dari seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Naim (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar Kemah Karakter Virtual bertajuk `Anak Gembira, Keluarga Hebat, Indonesia Maju!` yang berlangsung pada 6-9 Juli 2020, melalui platform konferensi video.

Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud, Hendarman mengatakan ini merupakan kemah virtual pertama di dunia, dan diikuti oleh 2.982 peserta dari seluruh Indonesia.

"Kemah karakter virtual ini untuk mengisi waktu libur anak-anak. Kegiatan ini disinkronisasikan dengan Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2020 dan Hari Anak Nasional 23 Juli 2020," terang Hendarman dalam pembukaan Kemah Karakter Virtual pada Senin (6/7).

Hendarman menjelaskan, Kemah Karakter Virtual yang diikuti oleh siswa dan orang tua siswa ini memiliki lima tujuan. Pertama, menumbuhkan kecintaan pada Pancasila; Kedua, memberikan pemahaman tentang Pancasila dan kebhinekaan global; Ketiga, mengajak generasi muda mengamalkan Pancasila.

"Keempat, melalui kemah virtual pertama ini di dunia ini kami ingin mengeratkan hubungan siswa dengan anggota keluarga dalam praktik baik setiap hari," terang Hendarman.

Hendarman menambahkan, pasca Kemah Karakter Virtual berakhir pada 9 Juli 2020, peserta diminta untuk mengerjakan tugas akhir yang didampingi mentor pada 10-12 Juli 2020.

Tugas akhir yang dimaksud ialah mengumpulkan foto dan penjelasan foto, yang berisikan cerita inspiratif aktivitas di rumah bersama keluarga maksimal satu halaman bagi peserta didik jenjang PAUD/PAUDLB dan SD/SDLB.

Sedangkan untuk jenjang SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB diinstruksikan untuk menggambarkan cerita inspiratif aktivitas di rumah bersama keluarga, dengan durasi maksimal satu menit.

"Puncaknya nanti 24 Juli 2020 kami tayangkan di program Belajar dari Rumah di TVRI. Pemenang akan dipilih lima terbaik," jelas Hendarman.

Sementara Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Naim mengapresiasi pelaksanaan Kemah Karakter Virtual yang dapat merangsang peserta didik untuk tetap aktif dan mengembangkan diri, di tengah pandemi Covid-19.

Ainun juga menyebut kegiatan itu telah dikemas secara menarik, sehingga dapat menghilangkan kebosanan siswa, sembari di saat bersamaan juga didorong untuk mengembangkan karakter Pancasilanya.

"Kegiatan ini sangat diperlukan, apalagi sampai sekarang kita masih belum bisa menyelesaikan Covid-19 ini," ujar Ainun.

"Di samping itu, hal virtual akan jadi kebiasaan baru apapun keadaannya seperti halnya yang kita lihat sekarang. Karena itu dipandang lebih efisien dan efektif," tandas Ainun.

TAGS : Kemah Karakter Virtual Kemdikbud Ainun Naim




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :