Sabtu, 08/08/2020 22:03 WIB

Ketua MPR Setujui Usulan Purnawirawan TNI/Polri Perubahan RUU HIP jadi RUU PIP

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) setuju pandangan dan usulan perubahan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU PIP).

Ketua MPR Bambang Soesatyo usai menerima Try Sutrisno dan para Purnawirawan di

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) setuju pandangan dan usulan perubahan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU PIP).

Hal tersebut disampaikan oleh Bamsoet dalam konferensi pers di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Kamis (2/7).

"Kami semua pimpinan MPR satu pandangan dengan tokoh senior para purnawirawan yang diwakili Bapak Try Sutrisno. Memang tidak sepatutnya legalitas Pancasila masuk dan diatur dalam sebuah Undang-Undang," kata Bamsoet.

"Tetapi, kalau mengatur soal teknis pembinaan Pancasila, MPR mendukung. Kami merespons dan mengusulkan agar pemerintah dan DPR juga merespons apa yang tadi diusulkan oleh para purnawirawan, TNI/Polri," ujarnya.

Pada konferensi pers tersebut, Try Sutrisno sebelumnya menyampaikan harapan agar RUU HIP diubah menjadi RUU PIP, bukan saja nama RUU nya saja tetapi juga pasal-pasalnya harus dirubah semua. Tak cuma itu, Try Sutrisno berharap proses perubahan itu berjalan lancar mengingat urgensinya bagi kepentingan bangsa Indonesia saat ini.

"Ini menyangkut eksistensi, keselamatan kejayaan bangsa," ujar Try.

Adapun konferensi pers ini digelar selepas pertemuan antara pimpinan MPR dengan sejumlah purnawirawan TNI/Polri untuk membicarakan RUU PIP. Bamsoet hadir bersama para wakil ketua MPR seperti Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Syarief Hasan, Arsul Sani, Fadel Muhammad, dan Hidayat Nurwahid yang turut dalam diskusi secara virtual.

Sementara elemen purnawirawan diwakili Try Sutrisno, Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia Saiful Sulun, dan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Kiki Syahnakri.

Bamsoet juga menyatakan bisa memahami urgensi RUU PIP tersebut. "Sikap kami sama dengan para purnawirawan TNI/Polri karena ini memang dibutuhkan oleh bangsa kita ke depan," katanya.

"Kami berharap agar pembinaan Pancasila ini nanti bisa berjalan simultan dan itulah tugas kita semua sebagai bangsa, yakni memberikan budi pekerti dan kesadaran dalam berbangsa serta bernegara Pancasila," tutur politikus Partai Golkar tersebut.

TAGS : Warta MPR Ketua MPR Bambang Soesatyo RUU HIP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :