Rabu, 15/07/2020 19:16 WIB

Jaringan 5G Mulai Diaktifkan di Iran

Iran meminta MCI untuk meluncurkan internet mobile generasi kelima setidaknya di lima lokasi di Teheran pada akhir Agustus atau awal September.

Jaringan 5G (Foto: Press TV)

Teheran, Jurnas.com - Menteri Telekomunikasi Iran, Mohammad Javad Azari Jahromi mengatakan, operator telepon seluler terbesar MCI akan mengaktifkan jaringan seluler 5G pertama Iran di ibu kota Teheran pada bulan Agustus  2020.

Azari Jahromi mengatakan telah meminta MCI untuk meluncurkan internet mobile generasi kelima setidaknya di lima lokasi di Teheran pada akhir Agustus atau awal September.

Azari Jahromi mengatakan di akun Twitternya kemudian bahwa kementeriannya dan MCI akan mengungkap laboratorium untuk menguji jaringan internet ultra cepat dalam dua minggu ke depan.

Hampir 70 juta pemilik kartu SIM Iran saat ini menggunakan internet mobile generasi ketiga dan keempat, menurut statistik yang disediakan oleh kementerian telekomunikasi awal pekan ini.

MCI, operator seluler terbesar di Timur Tengah dengan jumlah pelanggan telah tertinggal di belakang operator kedua Iran MTN Irancell dalam hal menawarkan internet yang cepat dan terjangkau.

Namun, operator mempercepat rencana untuk beralih pada tiang 5G di Iran karena berusaha untuk mendapatkan kembali pangsa pasar data di negara itu.

Pengumuman Azari Jahromi tentang peluncuran jaringan 5G di Iran datang ketika MCI membuka pusat data terbesar di kota Tabriz di barat laut.

Pusat data 250 rak, yang mampu menampung 1.500 server adalah yang terbesar kedua di Iran setelah fasilitas 407 rak yang dimiliki oleh MTN Irancell, sebuah fasilitas yang dibuka di Teheran pada akhir Mei.

Kedua pusat data tersebut diharapkan mampu meningkatkan infrastruktur Iran untuk mengakomodasi layanan online yang sensitif melalui server domestik sementara mereka secara signifikan akan meningkatkan kapasitas komputasi awan di negara itu. (Press TV)

TAGS : Jaringan 5G Iran Mohammad Javad Azari Jahromi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :