Senin, 25/01/2021 23:23 WIB

Kapal Kargo Iran Sandar Lagi di Pelabuhan Venezuela

Kedutaan Besar Iran di Caracas mengatakan, kargo makanan kapal akan memasok supermarket Iran pertama di negara bagian Amerika Selatan.

Kapal kargo Iran, Golsan

Teheran, Jurnas.com - Sebuah kapal kargo berbendera Iran yang membawa bahan makanan  merapat di sebuah pelabuhan di Venezuela, kapal keenam yang dikirim Teheran ke negara Amerika Latin yang terkena sanksi selama beberapa pekan terakhir.

Menurut data pengiriman dari situs pelacakan MarineTraffic, kapal, yang disebut Golsan, ditambatkan di pelabuhan utara Venezuela Guaira pada Senin (22/6). Kapal itu meninggalkan pelabuhan Shahid Rajaei di Iran selatan lebih dari sebulan yang lalu dan berlayar melalui Terusan Suez.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Iran di Caracas mengatakan, kargo makanan kapal akan memasok supermarket Iran pertama di negara bagian Amerika Selatan.

Duta Besar Iran untuk Caracas Hojatollah Soltani juga mengatakan kepada saluran TV Libanon al-Mayadeen bahwa Golsan membawa makanan dan pasokan medis untuk membantu pemerintah Venezuela dalam perang melawan pandemi coronavirus.

Baru-baru ini, Iran mengirim lima kapal tanker berisi 1,53 juta barel bensin dan alkilat ke Venezuela untuk membantu memulai kilang minyak di sana di tengah krisis bahan bakar.

Semua kapal, Fortune, Forest, Petunia, Faxon dan Clavel, mencapai Venezuela di bawah pengawalan militer yang menentang sanksi Amerika yang kejam yang menargetkan Iran dan Venezuela.

Pengiriman bahan bakar Iran menyulut emoasi Amerika Serikat (AS). Para pejabat AS mengatakan, Washington mempertimbangkan tanggapan terhadap langkah Iran, namun ditanggapi balik Teheran jika menyebabkan masalah bagi kapal tanker yang diikat Venezuela.

Washington kemudian mengancam sanksi keras terhadap pemerintah asing, perusahaan pelayaran, pelabuhan laut, dan asuransi jika mereka membantu kapal tanker Iran.

Dalam sebuah posting di situs webnya pada hari Selasa, Komando Selatan militer AS mengatakan kapal perusak rudal USS Nitze telah berlayar di daerah di luar perairan teritorial Venezuela dalam apa yang disebutnya kebebasan operasi navigasi.

Lebih lanjut ia mengklaim bahwa operasi itu terjadi di dalam wilayah yang pemerintah Venezuela klaim palsu memiliki kendali atas. Namun, tidak ada indikasi konfrontasi. (Press TV)

TAGS : Kapal Kargo Iran Amerika Serikat Pelabuhan Venezuela




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :