Selasa, 20/10/2020 13:39 WIB

Bulog Salurkan Bansos Beras Presiden ke 3,25 Juta Warga Jabodetabek

Sejak 1 Juni 2020, perseroan mulai menyalurkan beras untuk 1,85 juta keluarga terdampak

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. (Foto: Bulog)

Jakarta, Jurnas.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) sukses menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras Presiden tahap I dan II kepada 3,25 juta warga yang terkena dampak wabah COVID-19 di wilayah Jabodetabek. 

"Alhamdulillah, kami bisa menyelesaikannya dengan sangat baik. Memang sejak awal penugasan pemerintah, saya turun tangan langsung untuk memantau demi menjaga amanah kepentingan rakyat banyak," kata Dirut Perum Bulog, Budi Waseso di Jakarta, Selasa (23/6).

Budi Waseso mengatakan, penugasan program penyaluran Bansos Presiden tersebut dilakukan bersama Kementerian Sosial (Kemensos). Pada tahap I, Bulog menyalurkan beras kepada 1,4 juta warga.

Sejak 1 Juni 2020, perseroan mulai menyalurkan beras untuk 1,85 juta keluarga terdampak. Sehingga, total perseroan telah menyalurkan bansos beras untuk 3,25 juta warga Jabodetabek.

 

"Setelah sukses menyalurkan program bansos tahap I dengan tepat waktu pada Mei lalu, kali ini Bulog juga kembali menyelesaikan dengan lancar penugasan Bansos beras tahap II dalam waktu 15 hari sejak ditugaskan 1 Juni lalu. Walau waktu yang diberikan pemerintah selama 19 hari," kata Budi Waseso.

Ketua Kwarnas itu mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras karyawan Bulog yang bekerja siang dan malam. Apresiasi diberikan juga kepada tenaga buruh lepas harian sebanyak kurang lebih 110 personil yang sudah banyak membantu dalam pemuatan dan pembongkaran komoditi beras.

Lebih jauh, Budi Waseso mengatakan, beras yang digunakan selama program Bansos Presiden menggunakan beras premium yang berasal dari petani lokal di tanah air.

Dalam mensukseskan program tersebut Bulog melibatkan armada pada tahap 1 sebanyak 10.847 unit truk dan tahap 2 sebanyak 10.027 unit truk. Dengan asumsi rerata paket terkirim perhari sebanyak 80.970 paket di tahap pertama dan ditahap kedua rerata paket terkirim perhari sebanyak 135.616 paket.

Budi Waseso pada kesempatan itu juga menyatakan kebanggannya akan hasil kerja tim Monev yang bekerja efektif dalam memantau dan menyelesaikan berbagai dinamika yang terjadi di lapangan.

Ia pun menegaskan bahwa upaya mendiskreditkan Bulog akan ditangani secara tegas sesuai hukum yang berlaku, terlebih lagi ini merupakan bantuan untuk warga yang mengalami kesusahan.

Perum Bulog terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk membantu mensukseskan program pemerintah selama masa penangan penyebaran pandemi COVID-19 dan selanjutnya Bulogt juga sangat siap menjalankan penugasan penyaluran bantuan sosial selanjutnya dari pemerintah.

TAGS : Bansos Presiden Virus Corona Bantuan Beras Budi Waseso




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :