Jum'at, 26/04/2024 05:18 WIB

Djarot Ingatkan Pentingnya Berinovasi Hadapi Dampak Covid-19

Kita juga dituntut di masa pandemi untuk membangun kekuatan berdikari

Djarot Saiful Hidayat, Ketua Panpel Peringatan Bulan Bung Karno 2020

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Panitia peringatan Bulan Bung Karno 2020, Djarot Saiful Hidayat, mengingatkan pentingnya inovasi dan kreatifitas dalam menghadapi dampak Pandemi Covid-19.

Karena itu, Djarot menegaskan perayaan Bulan Bung Karno dipenuhi dengan agenda kegiatan yang inovatif, meski dilaksanakan dengan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Bulan Bung Karno sendiri jatuh tiap Juni karena ada 3 peristiwa penting pada bulan keenam kalender tersebut. 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, HUT Bung Karno ke-119, dan Haul Bung Karno yang ke-50.

"Di bulan Juni ini, masyarakat Indonesia turut `meresapi` pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno. Meski saat ini bangsa Indonesia tengah dihadapkan dengan pandemi corona, masyarakat tetap berusaha untuk berinovasi," ujat Djarot saat membuka webinar "Peringatan Bulan Bung Karno 2020" dengan tema Pancasila dan Keadilan Sosial, Selasa (9/6/2020).

Djarot yang juga Ketua DPP PDIP mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan kader partai yang ikut menyemarakkan pelbagai lomba, satu di antaranya lomba nge-vlog tentang sejarah Bung Karno.

Awalnya ia menduga webinar yang pertama ini hanya akan diikuti 500 peserta. Tapi nyatanya jumlah peminat sangat banyak, hingga ada yang belum tertampung untuk ikut. "Maka peserta yang belum tertampung akan diikutkan webinar kedua," ujar Djarot.

Eks-Gubernur DKI Jakarta ini menyebut akan ada beberapa kali webinar yang akan digelar. Seperti tema Rakyat Sumber Kebudayaan Nasional, Kedaulatan Pangan, dan Politik, Kesehatan, dan Berdikari.

"Di samping kita melakukan webinar, kita juga dituntut di masa pandemi bagaimana kita untuk berdikari," imbuhnya.

Djarot juga menyebut instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada seluruh kader partai, untuk tetap berjuang di daerah masing-masing.

"Untuk berdikari di aspek pangan, kesehatan, energi, keuangan, dan pertahanan," tutur Djarot. Masyarakat Indonesia, menurut Djarot, tidak boleh menyerah dan harus optimis. "Kita akan bangkit," sambungnya.

Djarot melalui webinar yang pertama ini juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah narasumber, yakni Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu`ti, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Sekjen Transparency International Indonesia Yohanes Danang Widoyoko.

"Atas nama DPP rasa hormat dan terima kasih. Semoga pemikiran-pemikiran bisa kita kaji secara mendalam dan dapat diaplikasikan," tuntas Djarot.

KEYWORD :

Pancasila Covid-19 Djarot Saiful Hidayat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :