Rabu, 21/10/2020 02:59 WIB

AS Siap Bantu Rusia Bersihkan Kebocoran Minyak di Norilsk

Bahan bakar tumpah ke tanah di area 180.000 meter persegi dan juga di sungai-sungai lokal, mencemari wilayah dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo menulis di halaman Twitter -nya bahwa AS siap membantu Rusia membersihkan kebocoran minyak diesel di Norilsk dan menawarkan keahlian teknis.

"Sedih mendengar tentang tumpahan bahan bakar di Norilsk, Rusia. Terlepas dari ketidaksepakatan kami, Amerika Serikat siap membantu Rusia untuk mengurangi bencana lingkungan ini dan menawarkan keahlian teknis kami," kata Pompeo dikutip Tass, Senin (08/06).

Sebelumnya, lebih dari 21.000 meter kubik produk minyak bumi tumpah di Pembangkit Listrik Thermal No. 3 dari Norilsk dan Taimyr Energy Company (bagian dari raksasa logam Norilsk Nikel) pada 29 Mei setelah pondasi beton dari tangki penyimpanan bahan bakar tenggelam, menyebabkan fasilitas bahan bakar itu jatuh.

Bahan bakar tumpah ke tanah di area 180.000 meter persegi dan juga di sungai-sungai lokal, mencemari wilayah dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sekitar 500 orang dan 70 kendaraan telah dilibatkan untuk membersihkan daerah tersebut. Mereka berhasil membatasi penyebaran minyak dan melokalisasi tumpahan hingga sekarang.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui keputusan untuk mengumumkan keadaan darurat federal di Norilsk.

TAGS : Amerika Serikat Pemerintah Rusia Kebocoran Minyak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :