Selasa, 14/07/2020 09:29 WIB

New Normal, PMI Minta Masyarakat Tidak Lengah

 PMI akan selalu siap mendampingi masyarakat dalam rangka memasuki fase tatanan hidup baru (new normal)

Sekjen Palang Merah Indonesia Sudirman Said (Dok: PMI)

Jakarta, Jurnas.com - Palang Merah Indonesian (PMI) minta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan hidup bersih dan sehat untuk menghindari penularan Covid-19, meskipun Indonesia akan memasuki fase New Normal.

Untuk itu PMI akan selalu siap mendampingi masyarakat dalam rangka memasuki fase tatanan hidup baru (new normal). Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjend) PMI Sudirman Said saat menjadi pembicara dalam Dreya Forum via Zoom Meeting, Jumat, (5/6/2020).

“Meskipun saat ini kita akan memasuki kehidupan normal baru, kami minta masyarakat untuk tetap disiplin untuk menjalankan hidup bersih dan sehat demi menghindari penularan Covid-19. Untuk itu Kami akan selalu siap mendampingi masyarakat untuk memasuki fase new normal” ujar Sudirman langsung dari markas PMI Pusat Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Selanjutnya dalam meeting virtual yang diikuti oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Ketua Satgas Covid Ikatan Dokter Indonesia Prof. dr. Zoebairi Djoerban, International Contact Partner RSM Indonesia Angela Simatupang, dan Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio, mantan menteri ESDM ini menerangkan dalam menghadapi pandemic Covid-19 adadua2 hal yang menjadi fokus PMI.

Pertama Menghindar dalam hal ini meminta masyarakat untuk selalu cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Kedua menyerang dengan cara memutus rantai penularan melalui penyemprotan cairan disinfektan ke tempat-tempat umum yang dicurigai menjadi tempat transit virus.

Adapun untuk pengobatan, menurut Sudirman itu merupakan domain dari Rumah sakit dan tenaga medis.

Lebih lanjut Sudirman juga memaparkan terkait penerima manfaat dari operasi PMI dalam menangani Covid-19 yakni penyemprotan disinfektan telah menjangkau 63.547 area, layanan ambulans milik PMI telah melayani pasien Covid-19 sebanyak 264 dan hearse ambulance sebanyak 109 angkutan.

Layanan kendaraan (vehicle) berupa 35 unit Gunner Spraying, 200 unit Grandmax Spraying, 22 Unit truk tangki, dan 30 unit pengisi ulang tangki.

Distribusi logistik berupa 2.732.150 pcs masker bedah, 2.136.111 pcs masker kain, 32.192 pcs masker N95 dan lain lain. Sementara donasi uang tunai yang telah disalurkan PMI tercatat sebanyak Rp 53.170.354.599,78,-

TAGS : Covid-19 PMI Sudirman Said




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :