Sabtu, 23/01/2021 04:11 WIB

Rusia Kembali Kirim Jet Tempur ke Suriah

Pesawat-pesawat jet tersebut telah digunakan di wilayah udara Suriah mulai 1 Juni.

Jet Tempur Rusia

Jakarta, Jurnas.com - Rusia kembali menerbangkan sejumlah jet tempur MiG-29 canggih ke Suriah, dimana pilot Suriah telah menggunakan pesawat untuk melakukan misi di wilayah udara negara tersebut.

Presiden Vladimir Putin pekan lalu memerintahkan menteri luar negeri dan pertahanan Rusia untuk mengadakan pembicaraan dengan sekutu dekatnya, Suriah, untuk memperoleh lebih banyak fasilitas dan akses maritim di sana, di samping dua pangkalan militer yang telah dimilikinya.

Kedutaan Besar Rusia di Suriah mengatakan di Twitter bahwa sejumlah pesawat terbaru adalah untuk militer Suriah.

“Tentara Arab Suriah menerima jet tempur MiG-29 angkatan kedua dari #Rusia - dalam kerangka kerja sama militer & teknis antara negara-negara kita. Suriah sudah mulai melakukan misi di pesawat-pesawat itu, ”katanya dikutip Middleeast, Jumat (05/06).

Pesawat-pesawat jet tersebut telah digunakan di wilayah udara Suriah mulai 1 Juni.

Sementara itu, Amerika Serikat pada akhir Mei menuduh Rusia mengerahkan pesawat tempur melalui Suriah ke Libya untuk mendukung tentara bayaran Rusia yang berperang untuk pasukan berbasis timur dari Tentara Nasional Libya (LNA) Khalifa Haftar.

Dikatakan pesawat telah tiba di Libya setelah dicat ulang untuk menyembunyikan asal Rusia mereka di Suriah, menyatakan bahwa pesawat kemungkinan akan memberikan dukungan udara dekat dan api ofensif.

Perang saudara Libya telah menarik kekuatan regional dan global dengan Rusia, Uni Emirat Arab dan Mesir mendukung LNA dan Turki mendukung pemerintah yang diakui secara internasional atas kesepakatan nasional.

LNA diusir dari ibukota Libya, Tripoli, pada hari Kamis, setelah serangan selama setahun

TAGS : Jet Tempur Pesawat Rusia Wilayah Suriah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :