Minggu, 06/12/2020 04:39 WIB

Ilmuwan Temukan Protein Pendeteksi Tingkat Keparahan Covid-19

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 telah menewaskan lebih dari 374.000 orang di seluruh dunia, dan menginfeksi lebih dari 6,7 juta orang.

Virus Corona Disease (Covid-19).

London, Jurnas.com - Sekelompok ilmuwan menemukan 27 protein utama dalam darah pasien virus corona baru (Covid-19), yang dapat digunakan sebagai pendeteksi tingkat keparahan penyakit tersebut pada setiap orang.

Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Cell Systems pada Selasa (2/6) ini, para ilmuwan dari Francis Crick Institute Inggris dan Charite Universitaetsmedizin Berlin Jerman menemukan bahwa protein ada dalam tingkat yang berbeda pada pasien Covid-19, tergantung pada keparahan gejala mereka.

Protein penanda itu dapat membantu dokter memprediksi seberapa buruk seorang pasien ketika terinfeksi Covid-19, dan juga dapat memberikan target baru untuk pengembangan perawatan potensial.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 telah menewaskan lebih dari 374.000 orang di seluruh dunia, dan menginfeksi lebih dari 6,7 juta orang.

Para dokter dan ilmuwan mengatakan mereka yang terinfeksi Covid-19, merespons secara berbeda. Beberapa berkembang tanpa gejala sama sekali, yang lain perlu dirawat di rumah sakit, dan sisanya menderita infeksi fatal.

"Sebuah tes untuk membantu dokter memprediksi apakah pasien Covid-19 cenderung menjadi kritis atau tidak akan sangat berharga," kata Christoph Messner, seorang ahli biologi molekuler di Crick Institute yang ikut memimpin penelitian ini dikutip dari Channel News Asia.

Dia mengatakan tes tersebut akan membantu dokter memutuskan cara terbaik mengelola penyakit untuk setiap pasien, serta mengidentifikasi mereka yang paling berisiko membutuhkan perawatan di rumah sakit atau perawatan intensif.

Tim Messner menggunakan metode yang disebut spektrometri massa, untuk menguji keberadaan dan jumlah berbagai protein dalam plasma darah dari 31 pasien Covid-19 di rumah sakit Charite di Berlin dengan cepat.

Mereka kemudian memvalidasi hasil tersebut pada 17 pasien lain dengan Covid-19 di rumah sakit yang sama, dan pada 15 orang sehat yang bertindak sebagai kontrol.

Tiga dari protein utama diidentifikasi terkait dengan interleukin IL-6, protein yang diketahui menyebabkan peradangan dan juga penanda yang dikenal untuk gejala Covid-19 yang parah.

TAGS : Penelitian Covid-19 Protein Pendeteksi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :