Sabtu, 20/04/2024 23:07 WIB

Sasar Milenial, Bulan Bung Karno Dimeriahkan Aneka Lomba Kreatif

Getaran Bung Karno di Hati Rakyat Makin Menguat, Perkokoh Wawasan Kebangsaan Modal Indonesia Maju

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Peringatan Bulan Bung Karno 2020 di tengah Covid-19, akan dimeriahkan dengan lomba kreatif kekinian, memanfaatkan media sosial dari instagram, vlog, hingga tik-tok.

DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan memaksimalkan gagasan dan ide kreatif generasi muda dan kalangan milenial yang diharapkan bisa menyosialisasikan ide, pemikiran, gagasan, cita-cita, serta perjuangan Bung Karno, berikut nilai-nilai Pancasila.

"Arahan dari Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri agar melalui Bulan Bung Karno akan semakin memerkuat getaran Bung Karno hidup di hati rakyat khususnya kaum muda," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai rapat teleconfrence Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Bulan Bung Karno 2020 bersama Ketua Panpel Bulan Bung Karno, Djarot S. Hidajat di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Kata Hasto, dalam peringatan Bulan Bung Karno 2020 ini, PDI Perjuangan akan menggelar berbagai program dan konten kreatif di daerah dan nasional selama Juni dan diteruskan hingga peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Rapat virtual persiapan Bulan Bung Karno sendiri dihadiri sejumlah kepala daerah yang merupakan kader PDIP seperti Tri Rismaharini, Azwar Anas, Hendrar Prihadi (Hendi). Dari unsur anggota DPR-RI hadir Aria Bimo, Darmadi Durianto, Rano Karno, Ananta Wahana, dan Putra Nababan, Tim kreatif antara lain Kirana Larasati, Tamara Geraldin, Donny Adam, dan sejumlah tim pelaksana. Rapat juga mengundang sejarawan Bonnie Triyana sebagai nara sumber.

Hasto mengatakan, berbagai agenda siap digelar melalui pemanfaatan media sosial dan dalam jaringan (online) dengan menggelar antara lain serial webinar, lomba vlog, lomba cipta lagu, lomba memasak berdasarkan resep di buku Mustika Rasa.

"Tadi Bu Risma mengusulkan ada penggalan atau potongan video atau audio ide pemikitan Bung Karno yang dikreasi untuk disebar agar diketahui anak muda. Kita berharap anak muda dapat terinspirasi atas penggalan video ataupun audio tersebut," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, anggota DPRD DKI Ima Mahdiah mengusulkan, agar tak hanya melalui vlog dan Instagram. Sekarang lagi trend TikTok.

"Ini patut dipertimbangkan juga dalam rangka semakin memeriahkan Bulan Bung Karno. Termasuk mempertimbangkan ada animasi Bung Karno untuk anak-anak supaya sejak kecil tertarik dengan tokoh Sang Proklamator," papar Hasto.

Ketua Panitia Djarot Saiful Hidajat menambahkan, saat ini masih perlu dilakukan pelurusan sejarah Bung Karno kepada semua khalayak khususnya generasi milenial akibat proyek desoekarnoisasi di era Orde Baru.

"Selain untuk meluruskan sejarah Bung Karno, PDIP berharap semakin tertanam nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari," kata Djarot.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, para kepala daerah dan peserta banyak menawarkan bermacam program yang telah siap diluncurkan. Ia pun merencanakan adanya program daerah diangkat menjadi program di level nasional.

Agar semakin menarik perhatian khususnya kalangan milenial, Djarot mengusulkan lomba vlog di tempat bersejarah sewaktu masa Bung Karno hidup.

"Kita juga akan memasang billboard dan baliho Bung Karno di berbagai daerah dengan menampilkan foto-foto Bung Karno, khususnya dalam tampilan dengan wong cilik, Bung Karno dan Islam, serta Bung Karno dan Indonesia Taman Sari Dunia," tambahnya.

Djarot mengatakan Bulan Bung Karno dimulai kemarin wayangan via online dan ternyata cukup menarik perhatian masyarakat. Sehingga dia meyakini berbagai agenda di Bulan Bung Karno tahun inipun akan bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

KEYWORD :

Bulan Bung Karno Milenial Hasto Kristiyanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :