Sabtu, 11/07/2020 05:25 WIB

Rekamannya Bocor, Eks Pemimpin Qatar Sebut Obama "Budak"

Khalifa al-Thani menyebut mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama sebagai budak

Obama

Doha, Jurnas.com - Mantan Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani menyebut mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama sebagai budak, setelah rekaman pembicaraannya dengan eks Presiden Libya, Muammar Gaddafi bocor ke internet.

"Tuhan mengutuknya, budak itu, dia konyol. Saya bersumpah Muammar, dia konyol," tegas Khalifa al-Thani dikutip dari Al-Arabiya pada Senin (1/6).

Namun hingga saat ini, Al-Arabiya tidak dapat memverifikasi keaslian rekaman yang diposting di media sosial oleh aktivis oposisi Qatar Khalid al-Hail tersebut.

Rekaman serupa antara mantan emir Qatar dan Gaddafi dirilis pada 2017, di mana dua mantan pemimpin berencana menyerang Arab Saudi dan keluarga yang berkuasa.

Dalam rekaman lain yang bocor dari tahun yang sama, Gaddafi dan mantan Perdana Menteri Sheikh Hamad bin Jassim ketahuan sedang mendiskusikan rencana untuk memecah Saudi.

Hamad bin Jassim tidak membantah rekaman itu, dan mengatakan bahwa masalah itu dibahas untuk menenangkan Khadafi.

Pada 2013, Sheikh Hamad menyerahkan kekuasaan kepada putranya, Emir Sheikh Tamim al-Thani saat ini. Hamad bin Jassim mengundurkan diri dari jabatannya di pemerintahan pada saat itu dan dilaporkan telah menjalin hubungan dengan emir saat ini.

Diktator Libya Gaddafi disiksa dan dibunuh pada 20 Oktober 2011 ketika para pejuang pemberontak menguasai kota asalnya Sirte sebagai bagian dari pemberontakan yang menggulingkan rezimnya dan menyebabkan perang saudara berikutnya di negara itu.

TAGS : Barack Obama Qatar Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :