Minggu, 12/07/2020 11:04 WIB

KJRI Pastikan WNI di Minneapolis Dalam Keadaan Aman

KJRI mengimbau agar WNI memprioritaskan keamanan dan menghindari daerah kerusuhan serta mematuhi anjuran pemerintah setempat

Aksi Massa protes kematin George Floyd (GoNews)

Minneapolis, Jurnas.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) menerangkan jika Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Minneapolis dan St Paul (Twin Cities), Amerika Serikat (AS), dipastikan dalam keadaan aman.

“Hingga Jumat pukul 21.00 (Sabtu pukul 09.00 WIB), dari hasil kontak KJRI Chicago dengan simpul masyarakat, seluruh WNI yang berada di dua kota tersebut, sebanyak 270 orang, dalam kondisi baik dan aman,” sebut siaran pers dari KJRI Chicago, Minggu (31/5/2020).

Twin Cities dilanda aksi demonstrasi sejak Rabu (27/5/2020), terkait meninggalnya George Floyd, seorang penjaga keamanan, diduga akibat tindakan penangkapan oleh empat oknum kepolisian pada hari Senin (25/05/2020).

Kasus tersebut telah memicu aksi demonstrasi di 30 kota di AS. Setelah dilanda aksi demonstrasi dan kerusuhan sejak Rabu sampai Jumat dini hari, kondisi mulai relatif tenang pada Jumat.

KJRI Chicago menyatakan telah berkomunikasi dengan para WNI di kedua wilayah. Lewat saluran komunikasi Whatsapp dan media sosial, KJRI mengimbau agar WNI memprioritaskan keamanan dan menghindari daerah kerusuhan serta mematuhi anjuran pemerintah setempat.

KJRI menjelaskan, situasi di dua kota yang menjadi awal aksi demonstrasi dan kerusuhan berangsur kondusif karena pemerintah setempat memberlakukan keadaan darurat.

“Gubernur Minnesota, Tim Walz, hari Kamis siang waktu Chicago (Kamis malam WIB) menetapkan keadaan darurat hingga Sabtu untuk kawasan Minneapolis, St. Paul, dan sekitarnya,” bunyi pernyataan KJRI Chicago.

Otoritas di Minnesota juga telah mengerahkan 500 pasukan Garda Nasional untuk membantu mengendalikan situasi. Sementara itu, Wali Kota Minneapolis, Jacob Frey, dan Wali Kota St Paul, Melvin Carter, juga menyatakan keadaan darurat lokal untuk kedua kota itu.

Namun, sebagai antisipasi terjadinya aksi yang lebih besar, pemerintah setempat telah umumkan penetapan jam malam (curfew) untuk kota Minneapolis dan St Paul sejak Jumat sore waktu setempat.

 

TAGS : George Floyd KJRI Chicago WNI




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :