Senin, 13/07/2020 20:14 WIB

Turki Urutkan Genom Virus Corona

Peta gen virus corona yang baru diproduksi di Institut Rekayasa Genetika dan Bioteknologi dari Pusat Penelitian Marmara di Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki.

Laboratorium kesehatan hewan Kementerian Pertanian (Kementan) dukung penanganan virus corona. (Foto: Ditjen PKH)

Ankara, Jurnas.com - Peneliti Turki berhasil mengurutkan genom coronavirus novel (COVID-19) dari empat pasien yang diisolasi pada Jumat (29/5) waktu setempat.

Wakil Rektor Universitas Istanbul Medeniyet, Sadrettin Pence mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa genom diurutkan menggunakan platform pengurutan terbaru.

Peta gen virus corona yang baru diproduksi di Institut Rekayasa Genetika dan Bioteknologi dari Pusat Penelitian Marmara di Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki.

Menggarisbawahi kekhawatiran bahwa varian COVID-19 akan bervariasi karena terus menyebar secara global, Pence menekankan pentingnya memonitor dan mengkarakterisasi varian virus, profil pasien, lokasi geografis, gejala, dan respons pengobatan.

Pence mengatakan ada total 92 urutan genom COVID-19, dan Turki akan menambahkan empat set data genom ke basis data Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika Serikat (AS).

"Studi-studi ini memberi tahu kami tentang negara virus dan negara mana yang memiliki genom serupa," tambahnya.

Menekankan bahwa keempat genom virus di Turki ini mirip dengan genom yang berasal dari Eropa, ia mengatakan studi ini menunjukkan rute migrasi virus.

Sejak pertama kali muncul di China Desember lalu, penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini sudah menyebar ke setidaknya 188 negara dan wilayah. AS, Rusia, Brasil, dan beberapa negara Eropa saat ini merupakan yang paling terpukul di dunia.

Menurut Universitas Johns Hopkins, COVID-19 menewaskan lebih dari 362.200 orang di seluruh dunia, dengan lebih dari 5,86 juta kasus dikonfirmasi, sementara yang sudah sembuh melebihi 2,46 juta. (MEMO)

TAGS : Virus Corona Genom Turki Korban Ilmuwan Turki




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :