Minggu, 06/12/2020 05:53 WIB

Kemdikbud Buka Prodi S2 Terapan di Politeknik Negeri Padang

PNP merupakan satu dari empat politeknik negeri yang juga membuka prodi S2 terapan, selain Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Medan, dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Wikan Dapat info (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) resmi membuka program studi magister (S2) terapan di Politeknik Negeri Padang (PNP), pada Jumat (29/5).

PNP merupakan satu dari empat politeknik negeri yang juga membuka prodi S2 terapan, selain Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Medan, dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemdikbud, Wikan Sakarinto mengatakan, lahirnya Prodi Sistem Informasi Akuntansi di PNP menambah jumlah prodi S2 terapan, yang saat ini sudah ada di 23 politeknik.

"Harapan kami besar agar ini bisa bergandengan tangan dengan industri dan dunia kerja," kata Dirjen Wikan kepada awak media dalam konferensi video.

"Yang menurut Mendikbud diistilahkan `pernikahan massal` antara dunia pendidikan dengan dunia kerja," imbuh dia.

Wikan mengatakan, prodi magister terapan bertujuan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Selain aspek teknis yang semakin dimatangkan, maka aspek softskills dan kepemimpinan merupakan karakter keunggulan lulusan program ini.

Lebih lanjut, menurut Dirjen Wikan, kemampuan problem solving hendaknya dibentuk dengan skema perkuliahan berbasis proyek dan perkuliahan berbasis praktik yang tinggi, guna menguatkan kemampuan analisis pada kondisi riil di industri.

Kemampuan teknis yang mumpuni tersebut, lanjut dia, disertai wawasan perkembangan dan penerapan teknologi, serta ilmu pengetahuan yang terus berkembang.

"Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu, menciptakan inovator kreatif yang akan berdampak pada daya saing industri di kompetisi global," ungkap Wikan.

Selain `menikah` dengan industri, Wikan juga mendorong PNP untuk menikahkan prodi magister di PNP dengan prodi magister di kampus-kampus luar negeri. Hal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan skill para calon lulusan.

"Misalnya, satu semester di industri di Padang, satu semester di Jerman misalnya," ujar Wikan.

Sementara Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan PNP sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi telah menjali kerja sama dengan berbagai jenis industri dan instansi pemerintah, antara lain PT Semen Padang, PT PLN (Persero), PT Ultima Tekno Solusindo, pemerintah daerah Sumatera Barat, BPK, hingga BPKP.

"Lulusan kita sudah jadi manager area, di samping juga adakelas khusus dari PLN. Kita juga bekerja sama dengan beberapa industri dan pemda, karena alumni kita banyak diserap di situ," terang Yondri.

Ketua Prodi Akuntansi PNP Amy Fontanella menjelaskan, jadwal penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 diawali dengan pendaftaran pada 18 Mei hingga 31 Juli 2020.

Seleksi berkas dan wawancara akan dilakukan pada 1-7 Agustus 2020. Pengumuman seleksi akan dilakukan pada 10 Agustus 2020. Pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa dilakukan pada 11-21 Agustus 2020, kemudian matrikulasi akan dilakukan pada 24 Agustus 2020-19 September 2020, dan awal perkuliahan yang dimulai pada 21 September 2020.

TAGS : Prodi S2 Terapan Kemdikbud Politeknik Negeri Padang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :