Jum'at, 19/04/2024 00:23 WIB

PSBB Jabar Sukses Turunkan Covid-19 Hingga 50 Persen

Gugus Tugas Jabar mendapatkan apresiasi oleh gugus tugas pusat sebagai wilayah pengendali Covid-19 terbaik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Ecka Pramita)

Bandung, Jurnas.com - Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat berhasil menunurunkan angka penyebaran virus corona (covid-19) hingga 50 persen.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, dengan penerapan PSBB, jumlah penyebaran Covid-19 di wilayahnya berhasil turun, bahkan hingga 50%. Ini merupakan capain baik berkat kerja keras tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga masyarakat yang patuh menjalankan.

"Hasil PSBB Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) menghasilkan data pasien turun setengah (50%). Bulan lalu rata-rata jumlah pasien yang terinfeksi 40 per hari, sebelum lebaran menjadi 20 kasus per hari. Sebelum PSBB 430 pasien sekarang turun ke 270 orang," ujarnya melalui teleconference, Minggu (24/5/2020).

Berkat kinerja baik ini, Gugus Tugas Jabar mendapatkan apresiasi oleh gugus tugas pusat sebagai wilayah pengendali Covid-19 terbaik. Ia pun berharap kinerja baik ini tetap terlaksana hingga berhasil melawan Covid-19.

Oleh karenanya, ia mengimbau agar masyarakat menghindari kerumunan dan keramaian. Apalagi membuat kerumunan dengan berkumpul bersama melebihi jumlah yang ditetapkan pemerintah.

Sebab, jika masyarakat menciptakan atau membuat kerumunan maka akan semakin luas Covid-19 menyebar. Pasalnya, di setiap kerumunan pasti ada Covid-19 disana.

"Covid ini mengancam populasi, semakin tinggi populasi, ancaman makin besar. Dimana ada kerumunan di situ ada covid. Jadi sebelum ada obat dan vaksinnya mari sama-sama jauhi dan hindari kerumunan," tegasnya.

Berdasarkan data Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 hingga 24 Mei 2020 pukul 12.00 WIB, total pasien positif corona di Jawa Barat mencapai 2.091 pasien bertambah 46 kasus dari sehari sebelumnya.

KEYWORD :

Virus Corona PSBB Jawa Barat Covid-19 Ridwan Kamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :