Jum'at, 19/04/2024 02:01 WIB

Israel Tuding Iran Kirim Senjata Anti Tank ke Libya

Danon merujuk pada embargo senjata yang diberlakukan PBB terhadap Libya.

Perwakilan Tetap Israel untuk PBB, Danny Danon berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB pada 15 Mei 2018 di Markas Besar PBB di New York. [RETAMAL / AFP HEKTOR via Getty Images]

Jakarta Jurnas.com - Utusan PBB untuk Israel menuduh Iran mengirimi jenderal Libya yang membangkang, Khalifa Haftar, amunisi anti-tank (RAAD) dalam upayanya untuk merebut Tripoli dari pemerintah yang diakui secara internasional.

"Pada bulan November 2019, citra muncul dari empat sistem rudal anti-tank" Dehlaviyeh "Iran yang dipekerjakan oleh milisi yang terkait dengan pasukan Jenderal Haftar di Libya," ujar Danny Danon, dilansir Middleeast, Kamis (21/05).

"Kehadiran sistem canggih Iran-diproduksi di tanah Libya adalah pelanggaran berat resolusi Dewan Keamanan 2231 (2015), seperti yang diatur dalam pasal 6 (b) lampiran B, yang mencegah `pasokan, penjualan, atau transfer dari senjata atau materi terkait dari Iran, `"tambahnya.

Danon merujuk pada embargo senjata yang diberlakukan PBB terhadap Libya.

Dehlaviyeh, atau RAAD, merupakan sistem rudal anti-tank yang dipandu diproduksi di Iran yang mampu menembus kendaraan lapis baja.

KEYWORD :

Pemerintah Israel Senjata Iran Wilayah Libya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :