Selasa, 22/09/2020 18:45 WIB

PGRI Desak Pemerintah Benahi Listrik dan Internet

PGRI mendesak pemerintah membenahi infrastruktur listrik dan internet di seluruh pelosok nusantara.

Ilustrasi siswa mengakses gawai (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) mendesak pemerintah membenahi infrastruktur listrik dan internet di seluruh pelosok nusantara.

Pasalnya selama pandemi virus corona baru (Covid-19) masih banyak ditemukan guru dan siswa yang kesulitan melakukan kegiatan belajar daring, karena tidak ada akses internet maupun listrik.

"Pemerintah harus lebih memperhatikan pembangunan dan perluasan infrastruktur listrik dan teknologi internet yang menjangkau seluruh pelosok nusantara," kata Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi dalam penutupan `Series Webinar Self Driving For Teacher Guru Daring Milenial Indonesia` melalui konferensi video pada Rabu (20/5).

Selain itu, lanjut Unifah, pemerintah juga diharapkan memaksimalkan peran PGRI sebagai organisasi profesi, dan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK), dalam meningkatkan kompetensi para guru.

"PGRI sebagai organisasi profesi akan terus berkomitmen meningkatkan kompetensi para pendidik melalui berbagai kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, PGRI juga menegaskan bahwa peran guru pasca pandemi Covid-19 tetap tidak tergantikan oleh teknologi.

Sebagaimana diketahui, Covid-19 memaksa pemerintah menutup seluruh sekolah, dan menggantinya dengan kegiatan Belajar dari Rumah melalui media konferensi video daring, maupun aplikasi perpesanan.

"Refleksi dari pandemi Covid-19 bahwa peran guru tetap tidak akan tergantikan oleh teknologi, terutama dalam menanamkan pendidikan karakter," terang dia.

"Namun guru yang tidak mengakrabkan diri dengan teknologi akan mudah tergantikan," imbuh dia.

Unifah melanjutkan, kehidupan yang terjadi di masa pandemi Covid-19 menjadi dasar bahwa kehadiran sosok guru di depan kelas, sangat penting dalam penanaman nilai-nilai karakter.

"Selain itu, kerjasama antara guru dan orang tua, pemerintah dan pemerintah daerah sangat penting agar Indonesia dapat keluar dari kesulitan dan bangkit menuju kejayaan," tandas Unifah.

TAGS : PGRI Unifah Rosyidi Infrastruktur Internet Teknologi Digital




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :