Rabu, 27/05/2020 06:16 WIB

WHO Minta Seluruh Masyarakat Diberi Akses Dapat Vaksin Covid-19

Model pasar tradisional tidak akan memberikan pada skala yang dibutuhkan untuk mencakup seluruh dunia

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dunia akan dapat mengalahkan virus corona baru atau Covid-19 hanya dengan syarat akses yang sama untuk semua masyarakat dapatkan vaksin dan obat-obatan.

Ia pun menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas ini.

"Sekarang adalah saat di mana para pemimpin harus bersatu untuk mengembangkan kebijakan akses global baru dan alat operasional, yang akan mengubah banyak niat baik yang diungkapkan dalam beberapa pekan terakhir menjadi kenyataan," katanya seperti dikutip Tass, Senin (18/05).

Pejabat itu juga mendukung prakarsa presiden Kosta Rika dan Chile, yang sebelumnya menyarankan untuk mendirikan "gudang teknologi kesehatan untuk vaksin, obat-obatan, diagnostik, dan alat lain apa pun yang dapat bekerja melawan COVID-19.

Menurut kepala WHO, model pasar tradisional tidak akan memberikan pada skala yang dibutuhkan untuk mencakup seluruh dunia.

"Solidaritas di dalam dan di antara negara-negara dan sektor swasta sangat penting jika kita ingin mengatasi masa-masa sulit ini," tambahnya.

Ghebreyesus mengatakan bahwa WHO menyetujui proposal pembentukan repositori teknologi kesehatan dan dalam beberapa hari mendatang akan meluncurkan platform untuk berbagi pengetahuan, data, dan kekayaan intelektual secara terbuka, tentang alat kesehatan yang ada dan baru untuk memerangi COVID- 19.

Pada akhir Desember 2019, pejabat Cina memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang wabah pneumonia yang sebelumnya tidak diketahui di kota Wuhan, di Cina tengah. Sejak itu, kasus virus corona baru - bernama COVID-19 oleh WHO - telah dilaporkan di setiap sudut dunia, termasuk Rusia.

Pada 11 Maret 2020, WHO menyatakan wabah korona sebagai pandemi. Menurut statistik terbaru, lebih dari 4.543.000 orang telah terinfeksi di seluruh dunia dan lebih dari 303.000 kematian telah dilaporkan. Selain itu, sejauh ini, lebih dari 1.712.000 orang telah pulih dari penyakit di seluruh dunia.

Sampai saat ini, total 262.843 kasus virus corona telah dikonfirmasi di Rusia, dengan 58.226 pasien telah pulih dari virus. Data terbaru Rusia menunjukkan 2.418 kematian di seluruh negeri. Sebelumnya, pemerintah Rusia membuat hotline internet untuk menjaga agar publik selalu terbarui tentang situasi coronavirus.

TAGS : Vaksin Covid-19 Lembaga WHO




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :